16 February 2010

tentang etika berinternet

ola...rasanya ini sudah kesekian kalinya tulisan saya di copy tanpa seijin saya, atau istilahnya ada pihak2 yang memplagiat karya2 saya.
even cuman tulisan2 ga penting, tapi mbok ya dicantumkan gitu loh sumbernya biar yang baca enak.

saya pribadi jarang tau kalo tulisan2 saya di copy di blog2 orang lain, bahkan sampai ada yang memasukkannya ke astaga.com, tanpa seijin saya.
lebih banyak temen2 pembaca blog ini yang akhirnya ngasih linknya.
dan setelah dibaca lebih lanjut...OMG itu persis banged.

sisi positifnya sih berarti tulisan saya keren (haha),
tapi ya tetep aja sedih kok ya seenaknya banged nyontek sih.

murid2 saya aja yang masih umur belasan tau kalo nyontek itu ga baik, dan mereka harus siap dengan konsekuensinya, nilainya 0 dan nantinya harus menerima omelan dari orangtua karena pihak sekolah akan langsung menginformasikan tindak kejahatan pencontekan ini ke orangtuanya.

nah, tapinya kalo kasusnya seperti ini enaknya diapain ya?
hehe....
















sekali lagi, saya tegaskan kalo saya ga keberatan tulisan2 ini dicopy, tapi setidaknya cantumkan sumbernya.
ok?
ato kalo ga mau mencantumkan sumber, ya jangan sama persis gitu loh...modifikasi sedikit kek.
jangan plek2an copy paste.

waktu saya bikin skripsi n tesis, dosen pembimbing bilang kalo tulisan tidak bisa dikatakan plagiat apabila kemiripan kurang dari 10 %.


nah, tapi kalo kayak begini http://putrizanimura.blogspot.com/search/label/Rumah gimana yah?


sumber asli: http://ourwedjournal.blogspot.com/2010/02/tips-membeli-rumah.htm

13 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. @Quinsha Putza Bukannya sok menggurui, tapi kayaknya Tya deserve more than sorry dari box leave comment ini..at least you may need to call her and buy her a cup of tea...

    harusnya alasan terburu buru gak bisa jadi alasan ya...

    ReplyDelete
  3. gw udah baca blog dia.... tulisannya kebanyakan ulasan yang udah diposting di wedding blog orang lain. gw pembaca setia wedding blog, jadi gw tau kalo tulisan2 dia udah pernah diposting sama si penulis asli meskipun kalimat ada yang diubah, dilebihin, or dikurang-kurangin.... buat quinsha, semoga dewasa ya jadi orang

    ReplyDelete
  4. @Tya :: blogmu memnag bagus kok:-) turut bersimpatik ya ada yang copy, tapi dalam permasalahan ini ya cari solusi yang terbaik aja dan ga melebar2

    @Anonymous : Anggap saja Quinsha masih NewBie di bidang wedding blog, jadi jika ada kesalahan kita bisa menasehatinya dan mengarahkan supaya tidak melakukan kesalahan yang sama (Tya aja bisa kaya gitu, anda yang ga berkepentingan bisa2nya begitu) bukan seperti mencerca seperti anda dengan alasan ketidakdewasaan (malah gw anggap kayanya anda apa ada masalah pribadi:-p).

    ReplyDelete
  5. @Anonymous : atau bisa juga dia senang dengan review para wedding blogger dan seperti ingin menyimpan arsipnya tapi dia ga tau kali caranya...Maaf ya saya mengkritik dikit untuk anonymous tapi memang tidak baik menggunakan kalimat seperti mencerca seseorang walaupun dia memang salah, (Dewasalah jika menasehati orang, Tya aja bisa kok)

    buat Quinsha : jadikan ini pelajaran dan jangan diulangi.lebih explore saja bagaimana cara yang baik untuk menjadi blogger

    ReplyDelete
  6. memang mirip ya....tapi ya udahlah, bener kata Tommy....

    Mudah2an Quinsha bisa mengerti sekarang...

    Memang sepertinya masih Newbie....Tapi ga sepenuhnya salah juga dia, namanya juga NewBie...Tya keren bisa calm down nasehatinnya..emang dewasa harus yang kaya gitu...

    ReplyDelete
  7. saya juga liat kok artikel kaya gini di banyak blog.....

    ReplyDelete
  8. ohhhh...hihi....kok jadi rame?
    semoga ini menjadi pembelajaran bagi banyak pihak, bahwa suatu karya, sejelek apa pun itu, selama itu orisinil, harus kita hargai.
    okeh?
    yukkk...udah ah...jangan berantem lagi :)
    piss!

    *a cup of tea nya boleh juga tuh :p*

    ReplyDelete
  9. hehe..sorry tya jadi mengkritik orang di blog kmw....aku rasa dia senang dengan artikel kamu dan ingin mengarsipkannya di blog dia (tapi kalau dia bilang kelalaian dia ya sudah, namanya juga manusia *jadi ikutan Quinsha katanya)

    Sorry ya tapi saya ga suka aja kalau orang tipenya mencerca...

    ReplyDelete
  10. hehe..sorry tya jadi mengkritik orang di blog kmw....aku rasa dia senang dengan artikel kamu dan ingin mengarsipkannya di blog dia (tapi kalau dia bilang kelalaian dia ya sudah, namanya juga manusia *jadi ikutan Quinsha katanya)

    Sorry ya tapi saya ga suka aja kalau orang tipenya mencerca...

    ReplyDelete
  11. Hehe...ur welcome tommy :)

    Jgn bosen2 yaaaa.....

    ReplyDelete
  12. @ mba tya, jadi inget juga, biar jelek-jelek gini, tulisan di blog aku juga pernah ada yang copas. parahnya lagi, itu baru tulisan ketiga aku di-blog... hehehe emang rasanya sebel, nyesek, kesel, tapi mau gmana lagi...

    @tommy, piss yo.... piss yooo.... kamu nggak suka anonymous mencerca, tapi kamu juga mencerca dia.... hehehe sekale lagi pisss yo (gaya raper sok asik)

    ReplyDelete
  13. hihihi.. apa susahnya yah tinggal nulis "copas dari blog si A"

    iya ga sih?

    tapi emang masih banyak kok yang ga ngerti etika copy-paste di internet ini..

    sama aja kyk kita liat gambar di internet trus masukin ke web kita... padahal kan harus dicantumin sumbernya... gue aja udah sering karya2x digital gue yang dipake orang lain buat kerjaan dia... tapi yah gue cuek aja sih.. bikin gue makin giat bikin karya... huihihihi...

    ReplyDelete