21 January 2010

Tentang Laparoskopi dll di Eka Hospital

OK, menjawab pertanyaan temen saya tentang seluk beluk laparoskopi, ini coba saya tulis yah.
tapi harap dimaklumi bukan dalam bahasa medis nan canggih itu :)

laparoskopi yang saya jalani minggu lalau itu dalam rangka pengangkatan kista endometriosis di ovarium kiri saya.
dokter menyarankan teknik ini karena resikonya lebih kecil dan waktu recoverynya lebih cepat dibandingkan apabila pengangkatan kistanya melalui bedah caesar.
untuk laparoskopi ini, saya dibius total.
masuk ruang operasi operasi jam 2an, trus disuntik bius dan setelahnya saya ga sadar.
haha...
mulai bisa melek itu sekitar jam 6 sore ketika udah sampe ruang perawatan.

sebenernya saya berniat memposting video ketika perut saya diudek-udek itu, tapi mengingat banyak bumil yang juga membaca blog ini dan daripada mereka stress ngeliatnya, jadi saya urungkan niat tersebut :)
untuk yang mau liat, nanti saya kirim via email aja yaaa....

intinya sih di video itu terlihat kalo si kista memang berukuran lebih besar dari rahim saya.
tapi untungnya kistanya ga menempel ke rahim, jadi bisa dibilang rahim saya sehat walafiat dan siap membawa ade2nya si kakak. aminnnn....

uhhh...positive thinking sekali rasanya setelah si kista ga adaaa..
hehe....

oia, prosesnya sendiri gimana?
awalnya perut saya dilubangi di 3 tempat *saya udah dibius jadi ga tau sakit apa ga pas dilubangi :p*
di ovarium kanan, ovarium kiri trus di puser.
nah 3 lubang ini kayaknya buat memasukkan semcama pulpen, ada yang bertugas sebagai kamara, sebagai senter dan satu lagi sebagai pisau.
nah, si pisau ini akan mengupas ovarium kiri saya, kalo kata pak dokter, prosesnya kayak kalo kita ngupas jeruk.
haha...

nah, setelah dikupas, si kistanya dimasukkan ke dalam semacam plastik trus dikeluarkan deh via puser.
hehe...ga yakin sebenernya lewat mana, tapi kalo ngeliat bekas lukanya, yang paling gede yang di puser jadi asumsinya dikeluarkan lewat situ *sotoy*

trus udah deh videonya abis sampe situ jadi ga tau lagi diapain.

untuk proses recoverynya sendiri memang lebih cepat dibandingkan pasien2 yang sectio caesar.
kamis jam 2 saya dilaparoskopi, trus jumat paginya udah bisa jalan.
rasa nyerinya pun ga terlalu berat.

oia, untuk ibu-ibu yang memiliki perut bergelambir seperti saya..hehe....sangat disarankan menggunakan korset setelah melahirkan, baik itu normal delivery ataupun sectio.
karena pengalaman abis laparoskopi kemarin, kalo kita bergerak, tumpukan lemak di perut kan juga ikut bergoyang2, nah itu yang bikin nyeri banged.
tapi kalo pake korset, mau ga mau si lemak2 kan tertekan so ga ada pergerakan dan nyerinya ga terasa.

trus kalo soal biaya, di Eka Hospital ini biaya laparoskopi sebesar 10 jutaan plus plus.
karena 10 jutaan itu baru biaya untuk sewa alatnya, sewa ruang operasi, dan biaya dokter2nya, jadi belum termasuk biaya obat2an dan administrasi.
untuk amannya, siapin sekitar 30-50% dari biaya di atas.
*berasalangsungbangkrutseketika*
hehe....

nah, berhubung waktu hamil kakak saya menderita penyakit ACA, jadi sekalian aja tadi pas kontrol saya tanya2 soal ini.
kalo kata Dr.Wiku sih saya ga ada gejala2 ke arah sana, tapi biar amannya saya tetep mau tes ACA ini.
oia, dan juga tes TORCH.
berbekal pengalaman kemaren, kayaknya nanti untuk kehamilan berikutnya saya pengen kehamilan yang aman-nyaman-sehat-sentausa, jadi lebih baik memang dipersiapkan dari awal dengan mengecek kondisi tubuh saya selengkap2nya.

soal biaya, mbak-mbak di sana emang baik2 bener.
saya bawel nanya2 juga dilayanin dengan senyum.
me likeyy....

biaya tes ACA sebesar 770K IDR dan TORCH 1034K di Eka Hospital dengan perincian sbb:
  • ACA IgG dan IgM : 770K
  • anti tokso IgG dan IgM: 330K
  • anti rubella IgG dan IgM: 352K
  • anti CMV IgM: 176K
  • anti HSV: 176K
kalo untuk HSG, biayanya 500K
sedangkan untuk pemeriksaan sperma lengkap. biayanya 137,5K
oia, untuk yang mau periksa sperma, disarankan untuk 'puasa' dulu selama 3-7 hari.
di sana disediakan tempat untuk 'mengeluarkan' koq...hihi...awkward banged...

nah...semoga infonya membantu :)

14 comments:

  1. baca ceritanya ngeri *ga mau liat videonya* :D
    semoga setelah ini dede2nya kakak cepat datang, amin :)

    ReplyDelete
  2. aminnn.....saling mendoakan ya liph... :)

    ReplyDelete
  3. Mau liat...
    debby.sanjaya@gmail.com yah. Thx.

    Sorry for what happened, Ty.
    Really can't say anything else.

    ReplyDelete
  4. @deb
    ditunggu yahh...
    btw it's not ur fault anyway :)
    mungkin memang belum rejekinya....masih sabar menunggu koq...toh tiap hari bisa terus 'berusaha' kan? haha...

    ReplyDelete
  5. @deb
    ditunggu yahh...
    btw it's not ur fault anyway :)
    mungkin memang belum rejekinya....masih sabar menunggu koq...toh tiap hari bisa terus 'berusaha' kan? haha...

    ReplyDelete
  6. yossshhhh semangat ms tya :)))

    ReplyDelete
  7. Kebetulan my hubby dah pernah cek lab sperm. di hermina bekasi 150rb.
    Wkt itu disediakan satu kamar khusus untuk 'mengeluarkan' hihi
    dg cara masturbate gak boleh dg bhubungan.
    tuz dsediain jg tempat untuk menampung para kecebong itu.
    tuz kasi k lab lg, hasilnya bisa diambil sore atau besokannya.
    oia, waktu cek lab nya itu pokoknya / sebaiknya pagi skitar jam 8 - 10an gt.

    ReplyDelete
  8. Aq mau liat mba videonya.....
    Email ke yuni_an9grain1@yahoo.com ya....
    Thx
    Smoga mba tya hamil lg n sehat.

    ReplyDelete
  9. Saya jg baru LO, krn kedua tuba saya non patent. Saya pengen liat video proses LO mbak. Tolong dikirim ke haspilu_litawati@yahoo.com. Tk

    ReplyDelete
  10. Halo Ms.Tya, boleh minta kirimin videonya nggak? temenku lg takut nih.. mau nunjukkin n bilang "ga usah takut" hhehe.. nitasoesabdo@gmail.com thanks yaa

    ReplyDelete
  11. Mbak Tya, bisa minta dikirimin videonya? Tks ya...
    siuli_y@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. tq buat infonya ya mbak..kbtln Dr Budi Santoso di Eka Hospital jg menyarankan laparoskopi,krn ada kista cair di ovarium kiri diameter+- 5cm..tp aku masih belum siap..tlg kirim videonya ke therycahyadi22@hotmail.com..tq ya mbak

    ReplyDelete
  13. saling mendoakan ya mbak...
    aku jg mau liat videonya dong mbak
    sweet_qdd@yahoo.com

    makasih ya mbak

    ReplyDelete
  14. Hai Mba Tya,

    Salam kenal..mba mau tanya dokter yang menangani laparoskopi d Eka Hospital siapa ya, ak jg mau konsultasi ni, thank u.

    Nuke

    ReplyDelete