and over all these virtues: put on love, which binds them all together in perfect unity..

6 January 2010

Pengobatan Tradisional Pak Sobri

Terhitung awal Desember ini saya menjadi salah satu pasien Pak Sobri.
masih coba-coba sebenarnya karena saya terlalu takut menjalani peniupan rahim dan badan ini mulai lelah dengan obat2an kimia, jadi saya mulai mencari alternatif therapy herbal.
awalnya cuma iseng baca-baca thread weddingku ini, tapi makin lama dibaca koq makin tergoda ya.
maklum saya termasuk segelintir orang yang 'meremehkan' pengobatan alternatif, apalagi yang udah berbau klenik2 gituh.
ih...big no-no deh....

tapi waktu baca2 pengalaman ibu2 di sana, koq kayaknya jauh yah dari hal-hal mistis tak masuk akal ituh?
waktu cerita ke si mas juga kayaknya si mas ga keberatan nyoba, so akhirnya di sabtu pagi yang cerah, tanggal 5 Desember (datang bulan saya tanggal 1 Desember), saya n suami memutuskan ke sana.
saya datang jam 8 dan naujubilahminjalik...antriannya gila2an.
sempet putus asa pengen pulang ajah, tapi si mas bilang sayang ah udah jauh2 ke sini.
jadi ya terpaksa nunggu dengan manyun.
mana panas, sumpek, lama pulaaa!
duh...malesin banged....

untungnya setelah beberapa saat di sana, disogok siomay sama si mas (haha..), tengok kanan-kiri, akhirnya mulai bisa senyum n ngobrol2 sama ibu2 yang lagi ngantri juga.
ternyata asyik juga.
plus saya dapet pelajaran berharga yang bikin saya maluuuuuuu bangeddddd.

bayangin, belum juga setaun nunggu, udah misuh2nya kayak apa.
di sana itu, ada suami istri yang udah nikah dari taun 1996 belum dikasih rejeki itu.
kebayang ga sih...13 tahunnn mennn....
saya mah ga ada seujung kelingkingnya kali.
dan mereka masih mau berusaha lohhh....ga putus asa kayak saya ini...hehe....
terusss...ada juga suami-istri yang udah 7 bulan bolak-balik tiap minggu sabar banged sama antriannya  pak sobri....dan mereka tetep optimis karena mereka bilang, ada koq yang setaun berobat ke sini baru dikasih, namanya juga rejeki dari Allah, pak Sobri kan cuma perantara.
ya ampyuuunnnn....betapa terharunya saya....

di tengah penantian mereka, ibu2 ini masih bisa bersyukur loh...bisa bersabar...dan terus percaya bahwa segala sesuatunya memang sudah digariskan Allah.

memang yah..Tuhan mau membuka mata kita lewat kehadiran orang2 di sekeliling kita.

akhirnya setelah 4,5 jam mengantri (YUP...kami baru masuk rumah si bapak sekitar jam 12.30), kami ketemu juga sama yang namanya pak sobri.
kesan pertama orangnya ramah banged.
beliau nanya riwayat kesehatan saya.
saya cuman bilang ada kista endometriosis. thats it.
ga nyinggung2 soal tuba yang ketutup, ga juga bilang soal posisi si kista.
namanya juga masih setengah percaya, jadi boleh dong nge-tes...hehe...
mau tau sejauh mana kemampuan si bapak.

nah trus saya dipijat kakinya, tangan, punggung n kepala.
jangan bayangin pijet refleksi yang berjam2 yah.
ini cuman 5 menit kali.
trus waktu si bapak menekan bagian tertentu di kaki saya, saya kesakitan banged.
nah....si bapak senyum2 aja.
tapi beliau masih terus mijit.
begitupun si mas,
dipijit juga dan beliau senyum2 juga.

akhirnya beliau ngomong begini: ini mah kistanya ga masalah, yang bikin belum hamil karena saluran tubanya nih...lengket.....jadi sperma susah masuk. dulu pasti sering minum jamu ya...

WOW! saya langsung kaget.
tau dari mana si bapak?
dari jaman SMP memang saya hampir setiap hari minum jamu kunyit asem. tujuannya ya supaya ga jerawatan muka ini. tapi ternyata oh ternyataaaa.....ga bagus yah bo buat kandungan?
baru tau.....
trus si bapak kayak mengalirkan tenaga dalam gitu ke perut saya...halah.....soalnya terasa anget sedikit, di punggung juga.katanya ini buat ngebuka sumbatan di tuba.
si bapak juga bilang, kalo ke dokter harus ditiup nih..istilahnya HSG *ih koq si bapak tau yah?*

tapi ya gitu deh...waktu itu saya masih setengah percaya soalnya sama yang gitu2an :)
kalo si mas gimana? kata si bapak sih sehat...alhamdulilah...hehe...
soalnya kalo denger cerita ibu2 di antrian, ada yang dibilangin bapak spermanya sedikit, n pas besokannya cek ke lab ternyata bener memang ga memenuhi syarat jumlah si sperma.
walah....

trus udahannya, si bapak ngasih kapsul buat saya yang harus diminum pagi n malem masing2 2 kapsul, tujuannya untuk mematangkan sel telur saya.
si mas juga dikasih obat supaya spermanya semakin banyak n aktif.
ahiyyy....

laluuuu...ini nih the best partnya, si bapak ngasih list pantangan makanan yang harus dipatuhi selama program kehamilan.
hahahaha....
ancurr abissss....
semua makanan kesukaan saya ada dalam daftar!
waksss....

saya seperti biasa ga langsung meng-OK-kan dong.
saya gugling sana sini, baca sana-sini..
dan makin dibaca, daftar makanan yang harus saya hindari ternayata sama dengan daftar makanan yang harus dihindari dalam diet berdasarkan golongan darah!
ada kan tuh ya bukunya di gramedia?

hooo....jadi mungkin therapynya si bapak begitu yah...
'bersihin' darah dulu supaya hormon2 bisa berjalan lancar.
 jadi inget topik peredaran darah yang  saya ajar di kelas saya.
iya doong, sari2 makanan kita kan dinagkut sama darah ke seluruh tubuh, sementara di dalam darah kan juga ada hormon, kalo makannya ga bener, bisa2 hormonnya terhambat dongg....
tsahh...si guru biologi mulai berpikir rasional.
baiklah.......pantangannya bisa diterima....

pantangannya apa aja?
okeh...siap2 gubrak yaaa

Makanan Yang Harus Dihindari:
1. Kacang Mede, emping
2. Coklat, permen, saos, tape,Makanan Asem/ Cuka (Ya Tuhan.....berarti pempek dan cukanya ga boleh!)
3. Cumi-cumi, Kerang, Kepiting (Selamat Tinggal Bandar Djakarta)
4. Sate ayam, Daging kambing, sate kambing, makanan2 yang dibakar include steak (wokehh...semakin berat sajah...)

Minuman yang Harus dihindari:
1. Alkohol
2. Soda
3. teh Botol/teh Kotak
4. Minuman kemasan yang mengandung pengawet (which is...hampir semua minuman kemasan berpengawet..include my lovely Minute maid pulpy orange...huksss...)

sayuran yang harus dihindari:
1.Sayur asem
2. sayur pepaya
3.cabe rawit hijau
4.cabe besar hijau
5.daun pepaya


Buah2an yang diperbolehkan:
1. jeruk manis
2. mangga manis
3. jambu air
4. jambu klutuk
5. pear
6. bengkuang
7. Apel
8.Duku
9.Pisang
10.Alpukat

hwehehehehehehe.......sangat berat bukanssss...
tapi ga cuma itu aja bow cobaannya...ini nih yang paling seru:
Minuman setiap hari: SUSU STERIL/SUSU PUTIH

wkwkwkwkwkwkwk.....
tau ndiri eike ini musuhan sama yang namanya susu!

hmmpphh....
tapi untungnya berbekal tekad kuat dan pelototan dari suami, saya bisa juga nahan untuk ga mengkonsumsi makanan2 di atas, plus berhasil mengatasi mual karena minum susu putih yang tidak ada rasanya itu.
huekkk....

lalu di kunjungan berikutnya, si pak sobri seperti biasa memijat kaki lagi dan anehnya kali ini ga sesakit minggu sebelumnya.
trus ga berapa lama si bapak nengok kalender n bilang begini: wahh...tanggal 17 tya ngelanggar nih....

walahhh...kaget dong sayahh...perasaan udah dijaga amit2 banged koq ya masih kebobolan juga plus ketauan juga sama di bapak.
maluuu...
trus saya berpikir keras.....
oalahhh...hari itu ternyata saya makan mie ayam dan kata si bapak mie ayam itu pake cuka.
halahhh......capede...ternyata mie ayam jadi ikut dicoret dalam daftar makanan :(

minggu depannya lagi juga ketauan kalo saya ngelanggar...tepat di hari dan tanggal pelanggaran itu.....haha...kalo ini mah memang sengaja.
saya mupeng banged ngeliat stand doner kebab waktu bazaar di sekolah, so saya pesen satu deh. pake mayonaise nan asem, pake saos n pake daging setengah mateng.
haha...komplit dehhh.....

lalu tepat di minggu ke empat kunjungan kami, si bapak meminta saya membawa testpack.
hasilnya sih satu garis, tapi entah kenapa si bapak bilang itu dua garis.
dia nunjukin garis satunya lagi tapi sampe jereng pun saya ga bisa liat :)
yowislah.
si bapak cuman senyum sambil bilang...wah tokcer nihhh....
haha....
trus saya dikasih obat penguat rahim dan anti virus.

oia, biaya ke bapak ini seikhlasnya loh...beliau ga pasang tarif.
kecuali untuk obat2an tertentu untuk yang menderita tokso biasanya beliau bilang harganya berkisar 250rb.
jadi obatnya beda sama yang dikasih ke saya.

kalo yang mau coba ke sana, alamatnya di Jl. Dewi Sartika No.15 Rt.008/013.
patokannya pokoknya tepat di pertigaan Jambul, di seberang sekolah tinggi kesehatan Binawan.
kalo dr mal kalibata lurus aja ke arah cawang, nah kan trus ketemu pertigaan gede tuh, nah rumahnya di situ.
di depan gangnya ada Rumah Makan Padang Beringin.
kalo bawa mobil, parkirnya di bank BRI di deket gang situ.
Rumahnya warna biru n di depannya ada lapangan bulu tangkis.

tapi jangan kaget ya boo...antriannya kayak uler naga panjangnya.
dan ga ada nomor antrian, jadi kita harus nyari orang terakhir yang dateng sebelum kita.
gitu deh...tradisional sekali :)

intinya sih...segala sesuatunya datang dari Yang Di Atas, si bapak sobri ini cuma perantara.
apapun itu, anggap aja kita sedang detoks...jadi untuk kesehatan kita, kalopun hamil anggap itu bonus :)
ok ibu2?

21 comments:

  1. tya ke pak sobri ya? gw sering tuh baca threadnya. ada yg bela2in dr bandung dtg seminggu sekali. salut. blm lagi pantangan makanan yg enak2 itu *gluk*.
    sempet pengen ke sana. tapi si mama yg ngehadang terus. adaaaa... aja alasannya "ga usah, lah, blm setahun" atau "ih, kamu mau dipijit2 sama bapak2?". hahaha.... akhirnya ga jadi2 deh.

    semangat terus ya, tya :)

    ReplyDelete
  2. uhm... pengen juga kesana, tp klo denger antriannya... uhm... mikir2 dulu deh,,, secara diriku punya suami yang ga sabaran klo disuruh antri, bisa keluar tanduk dia... :)) pokoknya semangat buat mba tya, moga-moga minggu depan garis 2'nya udah jelas terlihat :)

    ReplyDelete
  3. @ dhita
    iya gw juga ngebayangin dipijit gimana gitu, tapi ga koq bu, lebih ke arah dia menekan beberapa titik di kaki kita.
    thx ya sayy......*peluk*



    @mrs.olive
    aminn...makasih ya bu.....sbnrnya kalo mo ke sana, coba ketemu orang yg dtg sebelum kita aja say, trus mnt no HPnya, jadi kl setelah itu mo pergi n dateng lg jg bs. aku gitu :)

    ReplyDelete
  4. sayy sebenernya jg gw udah baca2 tret ttg pa sobri di wk.
    cm bln ini gw ada jg minum obat dari dokter, jadi nunggu ini kelar dulu d. baru mau coba kesana bln depan andaikan masi dapet juga..

    btw ini gw tambahin no hp nya pak sobri. 0818703931
    kmaren gw sms katanya mulai buka lg tgl 14jan

    ReplyDelete
  5. hihihihi...jadi deg-degan sendiri bacanya...smoga post'an Tya berikutnya konfirmasi berita baik (^__^)

    *crossing fingers*

    ReplyDelete
  6. hi mbak tya..pa kbr? aku juga gi ikutan pengobatan di tempat pak sobri...mbak tya dah berhasil hamil blum sekarang?..aku baru sekali datang...pantangan kita sama lho...

    ReplyDelete
  7. aku kmrn udah sempet hamil mbak tapi trus keguguran

    ReplyDelete
  8. aku mau tanya...kalau mau ambil nomer sekarang gmana ya...? krn kmrn coba kesana di hari yg nggak praktek, kata tukang parkir nya sekrang ambil no.harus pake sms, bener nggak sih...? kok nggak dibales2 ya ...?

    ReplyDelete
  9. Sama sis aku jg,td pg ke pak sobri tp kt tkng parkirnya hr sabtu cuma buat pasien lama yg dah dpt no.antrean.aku sms pak sobri tp blm di bls jg,gmana ya?

    ReplyDelete
  10. Sama aku jg sis,td pg ke pak sobri tp disuruh balik sm tkng parkirnya,ktnya hr sabtu cuman buat pasien lama.trs aku sms pak sobri nanya no antrian blm di bls.gmana ya..help:-/

    ReplyDelete
  11. haloo....sori ya aku udah ga tau lagi sistem antrian pak sobri gimana :)
    coba dtg langsung n tanya ke warung sebelahnya aja mungkin tau...

    ReplyDelete
  12. Iya siz, ak Januari pernah datang kesana, disuruh pulang lg. Harus ambil nomer by sms dulu. Ak coba sms dr bulan Januari, dibales tp "no. habis" sampai bulan Juni. Akhirnya iseng2 ak sms minggu lalu, di reply disuruh dateng hari kamis besok. Alhamdulillah akhirnya dibukakan jalan oleh Allah. Smoga hasilnya baik juga, Amin....

    ReplyDelete
  13. hai mba tya...salam kenal...gimana kabarnya?udah setahun yang lalu berarti ya berobat di pak sobri?trus hasilnya gimana?saya skrg juga lagi berobat di pak sobri, mudah2an ini jalan yg dikasih oleh Allah ya... Amiin

    ReplyDelete
  14. Mbak Tya, cara daftar ke Pak Sobri gimana sih?

    ReplyDelete
  15. Mbak Tya, nomor HP Pak Sobri sekarang udah ga aktif ya?
    SMS ku failed terus lho dari tadi...
    Apa beliau punya nomor HP baru?
    Trims

    ReplyDelete
  16. Apa kabar mb tya? Salam kenal, sy tertarik dgn pengobatan pak sobri, tp koq wkt mau daftar via sms ga bs ya? Ditelp jg ga masuk, trus liat dr info temen2 diatas klo lgsg daftar kesana ga diterima, apa pak sobri pny no hp baru ya? Mohon bantuannya, trims...

    ReplyDelete
  17. Sekedar info, untuk no. hp pak sobri udah berubah, sekarang 081319023171, saya juga sedang berobat ke pak sobri, udah 4 x dateng, mudah2n segera ada hasil baiknya.. Amiiin.. :)

    ReplyDelete
  18. Halo mba tya saya mau tanya yaa.. Hari sabtu ini saya dan suami mau ke pak sobri. Nah.. Setelah pengobatan.. Anak mba tya sekarang berapa jumlahnya?. Terima kasih

    ReplyDelete
  19. Hallo mba
    Gimana sekarang sudah hamil kah ??

    Kalo boleh tau kenapa waktu itu keguguran .

    ReplyDelete
  20. anaknya sudah 2 mbak..
    waktu itu keguguan krn ada kista

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

© ourweddingjournal, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena