12 January 2010

keluhan di awal kehamilan

bisa dibilang sampai hari ini, di usia kakak yang 'baru' 6 minggu, saya tidak mengalami what so called morning sickness.
baik2 ajah.
makan apapun mau.
susu putih, buah, sayuran hijau, apapun yang sehat buat kakak pasti saya makan.
daun katuk, sayuran ter ga enak yang pernah ada pun saya makan dengan lahap.
ga ada tuh cerita mual ato ga doyan makan.
apapun masuk.
makanya bener kata leony, kayaknya bakal jadi calon ibu hamil montok.
hahaha....

minggu lalu sih sempet mual yang sampe munmun, tapi ya udah cuma sehari itu ajah. setelahnya ga pernah lagi.
minggu lalu juga sempet pusing2 gitu, tapi setelah tau bahwa kondisinya saat itu kan memang semua nutrisi lagi diambil buat pembentukan kakak, jadi ya mungkin pusingnya karena kondisi saya yang ga fit.
akhirnya saya makan deh tuh semua makanan yang diindikasikan mengandung banyak asam folat, kalsium dan zat besi; semua hal ini diyakini bagus buat awal2 kehamilan.
kalo buahnya saya memilih pisang dan alpukat yang kaya asam folat.
sayurannya saya pilih yang berwarna hijau macam bayem, daun katuk, daun singkong.
trus makanan2 lain yang sehat macam ikan, daging putih, saya makan juga dengan lahap.
hehe...
ga ketinggalan susu n folavit.
dan voilaaa...pusingnya hilang!
hehe..

terusss...perubahan lain yang saya rasain di awal kehamilan ini adalah indera penciuman saya yang semakin tajam macam anjing pelacak.
ga tau ini normal ato ga, tapi saya bisa membaui asap rokok dari radius 10 meter sekalipun loh.
ugghhh....sekarang semakin sebel aja sama orang ngerokok sembarangan.
dari dulu udah sebel sih, tapi sekarang tuh makin menjadi karena asap rokoknya itu langsung bikin tenggorokan kayak kecekek.
hehe....maap yah buat yang ngerokok...
tapi beneran deh, ibu hamil ini ga kuat sama asepnya....


and then, selain indera penciuman yang makin tajem, di awal kehamilan ini saya juga jadi sukaaa banged sama makanan yang pedes2.
hari minggu kemaren akhirnya nyulik si mas ke Ampera cuma karena pengen makan pake sambel terasinya.
hahaha....ngidam yang sangat tidak elit.
eh tapinya pas sampe ampera seneng banged deh.
restoran ini sehat sekali loh.
bagus buat ibu hamil
di sana ada pilihan nasi beras merah yang kaya akan serat.
trus sayuran2nya juga seger2 banged.
menu2nya pun (kayaknya) ga terlalu banyak MSGnya.

iyaa...berkaitan juga sama hidung anjing pelacak saya ini, kayaknya sekarang saya bisa membaui makanan2 yang kebanyakan MSG deh.
nah, kayaknya itu juga yang bikin saya munmun mingg lalu.
ceritanya saya pesen nasi sapi lada hitam di salah satu counter makanan di foodcourt PIM.
nah, dari awal saya udah ngendus2 sesuatu yang ga beres nih, tapi tetep cuek makan karena biasanya juga bertahun2 hidup damai bersama MSG.
nahhh....tapi koq ya saat itu langsung ga enak banged yaaa...
dan setelah akhirnya keluar semua, baru deh rada mendingan.

makanya pas di ampera ini, hidung saya berdamai sekali dengan menu2nya.
oia, waktu itu saya pesen nasi beras merah, tumis kangkung, ayam n tempe goreng kremes, pepes tahu, lalapan n sambel terasi.
hahaha.....banyak yahhhh...
tapi habis lohhh.....*alesannya: makan buat kakak, padahal emang ibunya aja yang maruk...hehehe....*
kayaknya kalo lagi pengen makan di luar akan ke sini aja deh.
salah satu restoran recommended buat ibu hamil.

trus..trus...masih berkaitan dengan jadi sukanya saya sama yang pedes2, tadi siang saya ikutan temen kantor pesen masakan manado.
seumur2 saya belum pernah makan yang namanya masakan manado karena kalo dari cerita orang katanya masakannya pudesnya ampun2an, tapi tadi siang tumben2an tergoda sama ikan cakalangnya, padahal ga ta bentukannya kayak apa.
haha.....
trus pas makanannya dateng.....alamakkk....enak sekali yah si ikan cakalang ituhhh....
apalagi pake tumis kangkungnya...
e do do e.......ngana suka masakan manado....
hehehe....

untungnya porsinya agak banyak, jadi kan tadi siang ga abis tuh cakalangnya, so begitu sampe rumah jam 4 ini, saya makan lagi deh si ikan.
hmmmpphhh...pedesnya nagihhhh......
mau lagiiiiiiiii......

hehe....
trus kalo ditanya ada perubahan sikap ga?
saya jawab iya.
saya jadi hobi banged tidur.
dari sebelum hamil juga termausk wanita pengebo sih, tapi semnejak hamdan ini perasaan bawaannya ngantuuukkkk muluuuuuu...
ga tau deh wajar apa ga...
hehe....

trus selain ngantukan, saya juga jadi males mandi, males masak, n males dandan.
kalo kata orang2 kantor berarti anak saya cowok.
halahhh....mau cewek, mau cowok, yang penting sehat.
aminnn.....

eh tapi ada yang lucu loh...
berhubung saya ga mengalami morning sickness, ternyata efeknya ke si mas...
sekarang tiap pagi doi mual mual ga jelas....
kemaren pagi malah sampe munmun.
trus kalo malem bawaanya badannya pegel2 *padahal saya sehat walafiat*
udah gitu jadi muanja ga ketulungannnn...
buseeettt....sini yang hamil koq situ yang manja yaaaa...
hahaha.....
biarin deh...

kan dari awal memang bertekad, ibu dan kakak ga mau ngerepotin ayah.
jadi kehamilan ini harus dibawa enjoy dan ga jadi beban.
apalagi kayaknya si kakak tau ibunya punya kerjaan berat harus ngelulusin murid2nya untuk 2 ujian, kalo ibu sering ga masuk karena sakit kan bisa berantakan.

hweee.....meskipun masih di perut tapi si kakak pinter ya...pengertian banged sama ibu..... :)
makasih ya sayanggggg...
be good in there yaaaa.......

8 comments:

  1. Cuma komen dikit. Mual2 itu biasanya terjadi setelah usia kehamilan diatas 2 bulan. Aku yang lagi hamil 5 minggu juga ga ada rasa mual sama sekali, tapiiii..... surprise surprise, menurut lecture psikologi yg aku ikuti, mual muntah pada awal kehamilan adalah pembentukan pertahanan bayi lho. Jadi pd saat kita mual, sebenernya bayi akan menjadi lebih kuat *and I start wondering, kapan aku bakal mual*.

    O iya trus lagi, kalo hamil kita emang makan untuk 2 orang, tapi orang keduanya ini tiny weeny loh, in fact, she/he hanya perlu tambahan 300 kalori dr yg biasa kita makan. Well, sebenernya nambah minum susu 4 gelas aja udah jadi 360 kalori. hehehe. Don't overdo coz you're too excited yaa :)

    ReplyDelete
  2. ty, gw slama 3 bulan pertama jarang banget ngalamin mual2 en muntah2, gw bawa hepi2 aja biar ga mual-muntah, makan terus terutama pas bedrest 2 bulan di rumah, katanya mual-muntah itu sugesti jg loh ty ^_^, gw mual2 klo laper hahahah ama nyium bau2 aneh ky rokok wekz,, yg ptg jgn kecapean aja :) 3 bulan pertama sangat penting en menentukan katanya si ^_^

    ReplyDelete
  3. tya, setuju sama istrinyabayu. gw juga mual2nya nyaris diatas 2 bulan. tp ga sampe sebulan siiih... ada juga yg trimester kedua baru mual2. hahaha.. kok jadi nakut2in. ga, deh... santai aja lah jalaninnya. klopun harus mual ya namanya juga bumil :)

    soal masakan menado, ampun deh, gw selama hamil ini pengen makanan menado terus. sampe akhirnya belajar masak makanan2 itu. plus sambal dhabu2 yg harus tersedia setiap hari. tapi.... dimarahin sama keluarganya si mas. katanya nanti anaknya jadi ga punya rambut klo makan pedes2 terus. tp itu mah mitos laaah... *pembelaan diri*

    btw, klo ga mual2 atau mual2nya sebentar, anaknya cowok loooh... *katanya....*

    ReplyDelete
  4. Ahiahiahia iya setuju sama Dhita.. Kalau mual2nya jarang anaknya katanya cowok. Tapi itu bisa juga turunan sih say. Nyokap gw tiap hamil (mau co / ce) tambengnya setengah mati. Gak ada tuh yang mual muntah gitu2 yang rutin. Cuman sekali-sekali aja..

    Mangkanya gw juga gitu..
    Ada temen gw yang muntahnya heboh banget ternyata nyokapnya juga gitu waktu hamil.. :)

    Tapi loe sama banget ma gw.. Jadi kebo banget plus mengidam yang pedas-pedas kaya Ampera.. Hihihihi.. :)

    Take care always ya jeung.. :)

    ReplyDelete
  5. ahahaha,jadi inget soal anjing pelacak itu..
    aku sampe hamil gede mau lahiran ga tahan kalo buka kulkas.bau mpek-mpek yg disimpen pas hamil 1bulan masih kecium aja gitu sampe 9bulan.padahal tu kulkas udah dibersihin bolak-balik.orang lain ga ada yg kebauan juga.
    yg nyebelin lagi,pas sebelum hamil sukaaaaa banget ma mpek2.bahkan karna sempet tinggal di SumSel,hampir tiap hari makan mpek2.eh pas hamil kok jd benci setengah mati ma mpek2.makin ga bisa deh buka kulkas.
    moga2 lancar2 ya sampe lahiran,beneran deh ikut seneng..:))

    ReplyDelete
  6. oya,soal mual2 n anak cowok.aku dulu lancar banget hamilnya,ga pake mual dkk itu.n my baby is a boy..:)

    ReplyDelete
  7. Tya,kayaknya pas kehamilan ini, tambah rame ya yang komen2 :) uhuy ! Jadi senasib sepenanggungan sama ibu-ibu lainnya. SAMA, SAYA GAK SUKA ASEP ROKOK ! Dari jauh aja udah bisa kecium, mungkin bener, radius 10 meter juga. Gimana nanti kalo saya hamil ya ? Bisa 20 meter kali. Kalo soal MSG, sama tuh, saya juga gak tahan, dan last but not least SAYA SUKA AMPERAAAA !!! (tapi gak doyan terasi)

    ReplyDelete
  8. Sama bangeeeettt.. 6 minggu ini juga alhamdulillah blom ngalamin morning sickness. Cuma belakangan jadi ga enak makan gara2 flu. Udh gitu wiken kmaren juga pas ke mall di foodcourtnya liat masakan manado langsung pesen sayur bunga pepaya sama ikan cakalang. Trus hari minggunya ngerengek2 mau ke ampera, padahal katanya ga boleh makan sambel banyak2, tapi bodo amat, gue makan juga walaupun dibatasin banget sambelnya sama hubby...

    ReplyDelete