7 November 2009

tentang endometriosis dan rahim retrofleksi

ObsGyn saya pun ketika ditanya penyebabnya tidak bisa menjawab dengan pasti. dia hanya memberikan beberapa kemungkinan. dan dari beberapa kemungkinan itu memang semuanya ada di saya:
  • genetis *eyang putri saya meninggalnya karena kanker rahim, kakak sepupu saya sudah menjalani operasi pengangkatan endometriosis 8 tahun yang lalu* so jelas memang itu sudah ada dalam gen saya.
  • darah menstruasi yang tidak keluar semua *kalo yang ini masih bingung juga gimana taunya*
  • faktor lingkungan *oh well, saya terbiasa hidup stress dan dalam tekanan jadi ga heran penyakit ini menghampiri saya*
untuk ciri2nya, rasanya bisa digoogle juga, tapi ciri2 yang saya alami:
  • nyeri haid yang sangat hebat. untuk yang ini rasanya relatif. kakak sepupu yang juga menderita penyakit sialan ini bisa sampe pingsan ketika haid, kalo saya sih cukup merasa pusing dan sakit luar biasa, minum panadol 2 butir sudah bisa beraktifitas *kebo mode on*
  • darah haid berwarna kehitaman *ya saya tau menjijikkan, tapi tiap bulan memang darah haid saya berwarna hitam*
  • ada masa-masa nyeri ketika buang air kecil. ga selalu sih, tapi ada masa2 seperti itu.
kalo gugling, ada yg bilang gejalanya nyeri saat berhubungan. alhamdulilah kalo saya mah ga mengalami hal itu.enak selalu kok. hehehehe......

yah intinya, kalo memang merasa ada yg ga beres dengan siklus haid, sebaiknya segera ke dokter sebelum terlambat.
dalam kasus saya bisa dibilang telat yahhh...
lha wong sakitnya udah bertaun2 koq baru periksa sekarang.

untuk saya ini, mungkin sedikit beruntung *orang jawa banged sihhh....selalu bilang beruntung...hee...*karena tiap bulan siklus haid selalu lancar. 27-28 hari.
ada juga yg endometriosis trus smp ga haid berbulan2.
makanya dokter bilang mudah2an msh ada harapan karena siklusnya ga terganggu.
aminnnnnnnn.....

sedangkan untuk rahim 'terbalik' ini, saya juga ga ngerti kenapa.
udah dari sononya kali ya.
mencerminkan posisi otak.
hahahahahahahaha.....

kalo yang ini sih kuncinya 'dari belakang' ajah....
hihi.....
*vulgar mode on*
ato pantatnya diganjel bantal supaya spermanya ga tumpah keluar.
ihh...agak jorok postingan kali ini...
hihih...

agak aneh juga sih pas ke dokter kemarin diajarin gimana bikin anak, gimana posisinya, kapan harus melakukan...
tapi ya ga papa deh...mungkin memang harus begini caranya.
temen saya malah ada yang rutin kontrol keadaan di dalam sana.
sampe diUSG posisi telurnya udah mateng belum.
kalo udah mateng trus dianjurkan untuk melakukan hari itu juga.
hihihi....lucu sekali....

tapi ya emang perjuangan setiap pasangan beda2.
ada yang langsung jadi, ada yang harus nunggu dulu....
semua rahasia Tuhan.

jadi kita cukup berpasrah aja sambil terus berdoa dan berusaha
*sok bijak mode on*

3 comments:

  1. sy jg sllu skit, jeng klo haid..
    g bs ngpa2in..smp muntah2 sgla smp perut ksg & akhirnya maag kambuh
    mn suami jauh..
    hehe

    mlh siklus haid sy pjg..
    tp alhamdulillah prksa bkali2 kt dokter hny mslh hormon..

    sabar y,jeng..
    smw ada hikmahnya..ky kt,jeng

    biarkan Dia yg mngtur hdup kt..kt tgl doa, usha, & pasrah

    "sbgian org bs dg mudah mdapatkan ssuatu..tp sbgian yg lain hrus bjuang keras u/ mdapatkan itu..tp ykinlah, insya Allah sgla ssuatu yg didapat dg pnuh pjuangan akn terasa bgitu brrti krna ia didapatkan dg kesabaran & keikhlasan.."

    ^_^

    ReplyDelete
  2. Tetap berjuang terus ya Tya, jangan menyerah..JBU

    ReplyDelete
  3. Hi tya... salam kenal.
    yup, stuju dg bundacantik; kuncinya ada di sabar & ikhlas.
    sblm nikah, saya suka sakit2 juga pas haid. pas di-cek, tnyt kista. Ya sudah, diobati saja dulu. Meski kemudian belum kunjung "isi", suami & saya berusaha untuk menerima &... terus "berusaha", pastinya :-P mo orang komentar apapun, bodo amat.
    Seminggu sblum anniversary, saya sempat cek ke dokter. Dokter kmudian menjadwalkan tes screening untuk cek kesuburan, karena sudah lewat setahun. Ya sudah, nunggu sebulan dulu sampai waktunya tes.
    Dua minggu setelah annivesary, saya positif hamil. Benar-benar nggak nyangka. Tanda "+" di tespack itu benar2 kado terindah bagi kami berdua :-)
    Yakin selalu, tuhan pasti nyiapin ending yang "indah" dari cerita hidup masing2 umatnya; kuncinya ada di sabar & ikhlas :-)

    ReplyDelete