28 August 2009

CIN(T)A

Akhirnya terjawab sudah keingintahuan saya akan film ini.


temanya sih standar, cinta yang terhalang perbedaan agama...tapi dibuat dengan cara yang ga biasa.
dialog2nya cerdas dan mendalam dan bisa membawa perenungan tersendiri.

ada satu dialog yang bikin kami berdua secara spontan tertawa. no offense yaaaa....

jadi kan si cewek muslim, sedangkan yang cowok kristen.
trus yang cowok nanya, mau ga kamu ikut agama saya?
lalu ceweknya bilang begini: 'dari mana kamu yakin nantinya saya ga akan mengkhianati kamu? Tuhan saya saja saya khianati'

hhhmmm....dalem yaaaa.....

terlepas dari itu semua, film2 ini sungguh2 memberikan kedamaian di tengah gempuran berita tentang terorisme dan perang.

dalam salah satu adegan, ada ceramah dari mesjid di sebelah kos-an si cowok yang mengutip surat al-baqarah (maap kalo saya salah mengartikan). kurang lebih intinya adalah bahwa dalam surat itu, tidak peduli agamanya apa, selama ia berbuat baik maka ia akan dapat pahala dari Tuhan.
sekali lagi maaf kalo saya salah mengartikannya.

andaikata Noordin M Top dan kawan2nya memahami hal ini tentunya tidak akan ada pengeboman bukan?

dari film ini juga saya semakin menyadari bahwa Tuhan menciptakan CINTA untuk menjembatani perbedaan2 yang ada, bukan memaksakan untuk menyatukan perbedaan2 itu.
makanya biarkanlah Indonesia tetap dengan pluralitasnya, jangan dipaksakan menjadi satu paham.
Bhinneka Tunggal Ika.
berbeda-beda tapi tetap satu.
bukan begitu bukan?

hal ini juga muncul dari pertanyaan si cewek ke cowoknya:
Kenapa Allah menciptakan kita beda-beda kalau Allah cuma ingin disembah dengan satu cara?

manstap yaaa...

wajib ditonton deh ni film...
soundtracknya juga bagus walopun terkadang terlalu kenceng jadi suara si pemainnya ketutupan :)


moral lesson: tidak semua pertanyaan bisa dijawab dengan logika dan otak kita yang sempit ini, that's why Tuhan memberikan hati, perasaan dan CINTA kepada umatNya. birakanlah kita berserah kepadaNYA cos GOD is THE DIRECTOR.

2 comments:

  1. tya, nonton dimana ??? dvd or bioskop, say ?? jadi pengen nonton juga dech..=)

    ReplyDelete
  2. aku nonton di blitz say... :)

    ReplyDelete