3 March 2009

menu-menu sayuran ala kadarnya :)

hehe...jujur ajah, kalo soal masak-memasak saya sangatlah tidak pede!
maklum, inilah kali pertama saya bener2 terjun seorang diri di dapur.
biasanya cuma bantu2 motongin sayuran, ato ngupas2 bumbu ato apalah pekerjaan remeh temeh lainnya.
tapi setelah menikahhhh.....hoooo....mau ga mau turun tangan dong!
kesian banged suami kalo harus makan terus di luar :)

akhirnya hanya berbekal kenekatan, bisa juga saya jadi koki rumah tangga....
oh well, meskipun terkadang rasana kadang keasinan, ato malah ga asin sama sekali.
tapi so far suami seneng2 aja tuh...
hehe....apa karena terpaksa ya ga ada pilihan lain?
hihihihihihi......

OK, ini beberapa saya tulis resep2 mudah yang berbahan dasar sayuran dan bisa dimasak dalam waktu kurang dari 15 menit.
cocok banged niyh buat ibu2 yang mesti ngejar berangkat pagi ke kantor :)


SAYUR BAYAM BENING
  1. iris2 wortel dan bayamnya (hal ini bisa dilakukan di malam hari untuk kemudian disimpan di kulkas dan di pagi harinya hanya tinggal mencampur di panci)
  2. iris2 tipis bawang bombay dan bawang putih (bisa juga menggunakan bawang merah, tapi dari pengalaman 3 minggu ini di dapur (hwee...) lebih enak pake bawang bombay.
  3. masukkan air ke panci (kalo ini takarannya sesuai bayam dan wortel yang digunakan)
  4. masukkan bawang n sayuran
  5. tambahkan garam n gula pasir
nahh....inilah yang awalnya bikin sutrisno bahir setengah mati.
masalahnya....kalo praktikum di lab biologi itu kan ada aturannya. ada jumlah pasti bahan2 yang harus digunakan.
tapiii....kalo praktikum di dapur tuh....dudududududu.....feeling berperan penting :)
oia, lidah juga ga boleh sakit, soalnya icip2 itu harus sering dilakukan untuk memastikan takaran yang digunakan sudah pas.


TUMIS KANGKUNG
  1. iris2 kangkung dan cabai yang akan digunakan (sama kayak sayur bening, proses pengirisan bisa dilakukan di malam hari jadi paginya tinggal masuk2in ajah :p)
  2. apabila ingin menggunakan bahan tambahan macam kornet ato bakso ato sosis, sebaiknya juga sudah dipotong2 dari malemnya. oia, ada baiknya bahan2 ini digoreng dulu setengah matang, karena kalo tumis kan masaknya singkat, jadi takutnya bahan2 daging itu ga mateng :)
  3. bumbu dasaranya sama: irisan bawang bombay...hehe...
  4. caranya pun sama, tumis bawang bombay
  5. masukkan air sesuai feeling
  6. masukkan sayuran dan bahan2 lainnya
  7. dan pamungkasnya: masukkan bumbu tumis...hwhehehehehehe......
  8. bumbunya apa?
  9. itu loh...bumbu tumis merek RACIK ato merek KREASSIIIIPPPP...hehe.....


BUNCIS SAUS TERIYAKI
  1. urut2annya sama kayak tumis kangkung, tapi bumbu pamungkasnya diganti dengan SAORI SAUS TERIYAKI
  2. hehehehe......
  3. kalo yang ini, masaknya harus sampe setengah kering ya...supaya hasilnya kayak masakan teriyaki beneran :)
  4. paling enak ditambahkan sosis, bakso ayam, kornet, ato daging asap

hwhehehehehehe.....
masakan ala kadarnya.
berhubung belum ahli masalah perbumbuan, jadi sementara pake bumbu instan dulu lah.
nanti kalo sudah paham pasti pake bumbu2 asli koq :)

nah, karena banyakan yang instan2, makanya saya juga membanjiri si mas dengan buah2an dan susu bear brand untuk membunuh zat2 asing yang mungkin masuk ke tubuh.
hehe....dasar guru biologi! :)

oia, ga lupa juga jelly untuk memperlancar proses pencernaan makanan,
yakult or vitacharm untuk memperbaiki kondisi bakteri baik di usus besar,
n susu cimory dunkkkkkk......

hehehe....ga heran kan si mas mulai chubby? :)

3 comments:

  1. hihihi.. gw pake bumbu instan cuma buat goreng tempe tepung. maksudnya tepung instan sih, bukan bumbu instan.
    tapi untuk masakan2 lain sih racik bumbu beneran.
    modalnya sok tau & hp buat telepon mama. hehehe...

    ReplyDelete
  2. huahuhahuahuahua......emang yah mama selalu bisa diandalkan! :)

    tadi pagi nyoba ga pake bumbu instan bu, dan ternyata cihuy juga.
    bawang bombay, bawang putih, cabe, garem n gula pasir.
    andalan banged deyh :)

    ReplyDelete