17 March 2009

kebaya nikahku

ini buat menjawab pertanyaan salah satu temen yang mau nikah akhir tahun ini.
tapi mungkin kisaran harga di sini sudah ga berlaku ya, karena ini harga tahun lalu.

kebaya nikah saya bisa dibilang kebaya murah meriah.
maksudnya, bahannya 'cuma' brokat cornelly biasa,
jaitnya pun ga di desainer ato penjahit top.
cuma di penjahit rumahan.
tapiiiiii....hasilnya lumayan koq :)
dan yang penting, kebaya itu jadi saksi momen terpenting dalam hidup saya.

somehow, saya masih terpaku pada pakem lama yang mengatakan bahwa kebaya untuk pemberkatan ato akad nikah sebaiknya JANGAN SEWA.
semurah apapun, lebih baik menjahit sendiri dan itu akan jadi milik kita seumur hidup.
halah....

kalo untuk resepsi mah, terserah ya....
secara itu kan lebih ke pesta, sementara kalo pemberkatan atau akad kan sakral banged.
inti dari semua acara.

eh...tapi lagi-lagi ini cuma pandangan pribadi saya ya.
bisa juga ada yang punya pendapat lain.
ini negara bebas bertanggung jawab :)


untuk bahannya, saya beli sepanjang 3 meter di SILK MAYESTIK seharga 125K IDR/meter.
terakhir ke sana (2 minggu yang lalu), harganya jadi 150K IDR.
untuk bustiernya, saya beli bahan shantung seharga 15K IDR/meter.
untuk kristal swarovskinya, saya beli di TOKO PUSACHO MAYESTIK.
patokannya di pasar mayestik lt. 1 masuk dari seberang TOKO SEPATU BATA.
saya beli 12 lusin, dengan harga selusinnya 10,5K IDR.

untuk jahitnya, nah ini yang cihuy :)
saya ga jahit di bu bekti seperti kebaya pre wed saya, karena ketika itu bu bekti kebanjiran oreder dari sodara2 yang juga ingin jahit seragam untuk nikah kami.
nah, karena ga berani gambling, takutnya bu bekti jaitnya buru2, akhirnya kami mencari alternatif lain.

kebetulan, salah satu sodara kami yang memang berprofesi sebagai penjahit menawarkan diri untuk menjahitkan baju nikah saya.
waaahhh....lumayan juga niyh.
hehe.....

si budhe ini dulu pernah menjahitkan kebaya untuk nikahan salah satu sepupu saya.
dan yah memang OK juga sih.




akhirnya berhubung waktunya sudah mepet (H-1 bulan :p), saya mempercayakan kebaya nikah saya pada si budhe.
saya cuma nunjukin foto2 model kebaya yang saya mau dan selebihnya saya pasrah.
hehe.....

hasilnya?
yaaa....not bad lah....
setelah fitting 2 x, semuanya pas di badan saya!
nyaman banged sama bustiernya, dan payetnya keliatan 'muncul'.
over all, saya suka banged sama kebaya nikah saya itu! :)

tampak depan:


untuk bagian depan ini, sengaja saya ga minta aneh2 karena tau akan dipakaikan asesori dan paes ageng yang megah itu.
kalo kebayanya terlalu heboh, nanti malah kayak nyi roro kidul...hehe...
*eh...emang doi heboh ya?*


sementara itu, bagian belakangnya sengaja saya minta dikasih tile supaya ga keliatan seperti kebaya biasa.


lalu untuk bagian bawahnya, saya memang meminta dibuat panjang jadi ketika berjalan down the aisle, kebayanya kayak menyapu lantai gitu.
hahaha....impian masa kecil yang aneh.




untuk harganya?
dengan segala modifikasi dan payet full nan berat itu, saya cukup membayar 500K IDR sajah.


-----

Budhe penjahit:
lokasi rumah di bambu apus.
no telepon 0813 980 50037

6 comments:

  1. Coba Gambarnya kebaya nya lebih jelas mba,jadi bisa unt contoh kita2 yang lagi bingung mau buat kebaya apa

    ReplyDelete
  2. hwaduh...kurang jelas ya? tampak depan ada, tampak belakang ada, tampak bawah juga ada tuh :)

    ReplyDelete
  3. Mba Make UP nya kereeeen banget manglingi pake dr paketan WO nya juga yachhh

    ReplyDelete
  4. hai jeng ...aduh jadi blushing :)
    makasih ya.....itu paketan dari cateringnya bu....dari Tini Suherlan

    ReplyDelete
  5. mba ikut gabung y? mint alamat lengkap penjahit kebaya akad ma resepsiny dunk? please email ke pennynoerlaeni@gmail.com y? bgus bgt hasilny.................
    coz hari H kami tinggal 2 bln lg.. makacih :-)..

    ReplyDelete
  6. Mbak Tya, nama saya Lia saya lagi cari kebaya, dan ga pernah ngejahit seumur hidup. Mau menikah di catatan sipil di luar sekitar 5 bulan lagi, liat kebaya nikahnya bagus banget, tapi kalau disuruh car bahan sendir...saya ga ngerti sama sekali :D kebaya akadnya keren banget mbak, aku pengen bikin kaya gitu tapi panjangnya selutut aja...beli bahannya apa ya mbak? sama kain bawahnya apa batiknya. bener2 ga ngerti bahan :(

    ReplyDelete