Skip to main content

Siraman

mengikuti tradisi jawa, sehari sebelum acara pernikahan, sebaiknya diadakan acara siraman terlebih dahulu.
tujuannya adalah untuk 'membersihkan' si calon pengantin sehingga ketika melangsungkan pernikahan, jiwa raganya sesuci bidadari...*emang bidadari suci ya?*

nah, sebelum siraman, biasanya dilakukan pemasangan tuwuhan dan bleketepe oleh kedua orang tua, menandakan bahwa si pemasang siap mengadakan hajatan besar *oh well, apapun itulah...mau besar...mau kecil...yang penting judulnya hajatan*


tuwuhan dan bleketepe ini tersusun atas beberapa jenis sayuran dan buah kelapa yang ditutupi karung.
sesaat sebelum siraman, karung putih itu akan dibuka oleh pemangku hajat.

selanjutnya, capeng akan meminta izin untuk menikah kepada kedua orangtua dan melakukan sungkeman.

ini foto mama-papa ketika akan disungkemi oleh kakakku :)


selanjutnya mama-papa menggiring si anak domba ke tempat pemandian...hwehehe....


nah... di tempat pemandian ini, sudah disiapkan air yang berasal dari 7 sumber air yang dibawa oleh saudara kandung dari kedua orang tua *tak paham maknanya*
air ini kemudian dituang ke kendi emas yang diberi taburan bunga 7 rupa *lagi-lagi tak paham maknanya*


setelahnya, mulai deh si anak domba dimandikan.
untuk yang gampang masuk angin *seperti saya ini* ada baiknya meminta campuran air hangat pada air yang akan disiramkan.

untuk yang menyiram ini, sebaiknya terdiri dari 9 orang sesepuh yang sudah pernah menikahkan anak dengan kedua orang tua sebagai penyiram pertama.
tapi untuk saya nanti...hooo...sepertinya semua2nya akan menyiram! hwehehehe.....



setelah selsai penyiraman, acara selanjutnya adalah potong rambut si anak domba *katanya untuk buang segala kejelakan calon penganten* bah...kalo gitu rambut saya mesti dibotakin dunks?! hihi....

lalu..lalu...ini yang paling SERU!
selanjutnya, si mama akan jualan dawet yang akan dibeli oleh pengunjung menggunakan uang2an dari tanah liat. si papa akan mayungin seolah2 melindungi si mama.
halahhh....



dan pada akhirnya...potong tumpeng n makan2 deyh....



oh well, mungkin ada beberapa ritual yang terlewatkan pada tulisan kali ini, tapi kurang lebihnya begitulah :)

Comments

Popular posts from this blog

Uang Pangkal Sekolah

setelah dihitung2 ulang, ternyata investasi LM saya yang cuma 10 gr/tahun (200rb-an/bln)  harus direvisi nih....
hehehe...

kalo bertahan di angka tersebut, uangnya cuma bisa utk masuk TK,
sementara utk masuk SD setidaknya butuh 20gr/thn (400rb-an/bln)

hoshh...hoshh...

untuk masuk SMP lebih parah lagi...
makin ga kekejar kalo 'cuma' LM ternyata.
apalagi kalo AsPend n TaPend,
makin ga nyampe deh angkanya.
busetttt...

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.
Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..

Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.
Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.
Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).

Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.
Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang. Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).
Lumayan ya!

Dan pas akhirnya sampe sana, Aduhhh senengg deh..

Lokasinya benar2 di tengah hutan, Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2, Ada air terjun mini, Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.

Anak2 heboh deh liat beginian :)))

Asli ya anak…

Perpanjang paspor di BSD

Sejak akhir tahun 2015,
Mastin akhirnya menghampiri warga BSD dalam hal pengurusan paspor
(Oh ada yg ga tau mastin? Coba deh gugling dengan keyword jingle mastin.. Dijamin terngiang2... Ahahahhahaha)


Singkat  kata, per 30 desember 2015 sudah dibuka kantor imigrasi kelas 1 tangerang cabang BSD.
Lokasi di ruko golden boulevard, tepat di sebelah natasha skin care.
Kalo bapak-bapak biasanya sih tau ruko golden boulevard soalnya banyak tempat pijat plus-plus :)))))

Nah berhubung bakal pergi bistrip bulan depan sedangkan paspor habis di bulan mei, jadi tadi saya dan si ayah nyobain perpanjang paspor di ruko yang cuma sepelemparan kolor dari rumah (uhuk pamer




Sayangnya untuk layanan online dan pembuatan e-paspor belum bisa dilakukan di sini, Jadi tadi kami datang pukul 7.30 untuk ambil antrian.
Menurut petugas, dalam satu hari dibatasi 100 nomor antrian, supaya tidak terlalu chaos.
Tadi pagi sih lumayan tertib ya antrian ambil nomornya.
Setelah ambil nomor, kami isi-isi dokumen lalu duduk sa…