24 January 2009

menjilat ludah sendiri

jah...judulnya......
*ga bisa menemukan istilah yang lebih jujur dari ini*

sekitar bulan juni 2008, saya pernah menulis BETAPA SAYA GA SUKA PASAR TEBET.
makanya lalu memilih vendor yang satu itu.

sempet memuja setengah mati malahan!
sampe rekomen ke orang-orang.
yang ada malah saya DIKECEWAKAN BERAT sama si vendor.
beberapa teman saya pun mengalami nasib yang sama.
ya walopun ada juga sih yang merasa puas (banged) sama si vendor.
tapi untuk saya pribadi, SAYA GA AKAN REKOMEN VENDOR INI KE ORANG-ORANG.
ga mau menjerumuskan....

makanya ketika kakaknya si mas mau nikah bulan mei ini,
saya pun ga menganjurkannya untuk memakai vendor undangan saya itu.

saya mencoba memberikannya daftar vendor-vendor undangan lain macam domino, moyo card, dan lain sebagainya.

tapi sayangnyaaaa.....setelah cek sana cek sini,
memang out of budget banged yaaaa...
hihi....

jadi ga ada jalan lain selain mengajak si kakak ke PASAR TEBET.
tempat yang pernah saya sia-siakan...
hehehehe......

memang sih jalannya macet, parkirnya susah, dan sumpek,
tapi setelah mengalami MASA-MASA SUSAH MENGHUBUNGI VENDOR,
JANJIAN YANG TELAT MOLO,
REVISIAN YANG LAMA BANGED,
KERJAAN YANG MOLOR,
CETAKAN YANG GEDE SEBELAH,
DAN SERVIS YANG JAUH DARI MEMUASKAN,
saya jadi menganggap bahwa perjuangan ke pasar tebet ga ada apa-apanya dibanding perjuangan emosi dan hati saat berhubungan sama si vendor.
hwehehehe.....

makanya tulisan saya kali ini berjudul 'MENJILAT LUDAH SENDIRI'

kalo ga mau sumpek di pasar tebet, coba aja masuk ke tempat2 yang ada ACnya macam Kartu Pesona, Duta Graphia, ato By Ants (tapi khusus tempat terakhir ini, mesti siap2 ketemu mbak jutek) hehe.....

memang sih harga di tempat berAC ini sedikit lebih tinggi di banding tempat-tempat non AC.
tapi sekali lagi yang harus dicamkan oleh para capeng: ada harga ada rupa.

jangan terjebak harga yang murah tapi ngerjainnya asal-asalan.
trust me.....bikin gondog!!
hehe......

sooo......saran saya kali ini:
  • mending cari vendor yang punya tempat tetap, jadi kalo mau ketemuan gampang
  • kalo memang punya budget lebih, ga ada salahnya pake vendor yang bener2 teruji kemahalannya. maksudnya vendor yang memang mampu memberikan kualitas.
  • kalo budgetnya terbatas, ga dosa koq mencoba pasar tebet ini. jangan memaksakan memakai vendor yang lagi naik daun. bisa-bisa undangan kita dianak-tirikan karena berbudget rendah. *yah..enggak juga sih....karena temen saya pesen undangan beludru nan mahal tapi ternyata ancur juga....* hhhmmmpppphhh......

untuk proses memesan undangan di pasar tebet sebagai berikut:
  1. liat-liat dulu contoh undangan yang ada di sana. lebih bagus kalo udah bawa contoh undangan yang kita mau, nanti di sana tinggal nego2 masalah warna dan modifikasi lainnya.
  2. kalo OK dengan harganya, si abang2/mbak2 pasar tebet akan membuatkan dummynya *ga beda kan sama vendor undangan saya?*
  3. setelah OK dengan dummy, mereka akan memprint-outkan detail undangan kita, maksudnya tulisan nama pengantin, ortu, tanggal, include font dan desain yang akan digunakan.
  4. kertas tadi bisa kita bawa pulang dulu untuk didiskusikan dengan keluarga, kalo OK bisa langsung ke tahap selanjutkan. tapi kalo masih ada revisian, bisa kita lakukan SAAT ITU JUGA! *ga harus menunggu berminggu-minggu seperti yang saya alami dengan si vendor*
  5. kalo itu sudah OK, si abang2/mbak2 akan mengajak kita ke bagian belakang pasar ini, tempat mesin-mesin cetak nan besar berada. di sana dia akan menunjukkan campuran warna yang akan kita gunakan. tolong dicatat ya: CAT WARNA ASLI YANG AKAN DIGUNAKAN UNTUK UNDANGAN, BUKAN SEKEDAR KERTAS-KERTAS BERISI KATALOG WARNA *seperti yang saya terima dari si vendor* bukannya apa.....kalo kita ngeliat langsung catnya, kita jadi makin ada gambaran aja seberapa terang ato gelap undangan kita nanti, kalo cuma kertas warna kan, kita seperti mengambil kucing dalam karung, milihnya warna A tapi ternyata ketika diaplikasikan di kertas yang ingin digunakan, ternyata warnanya berubah intensitasnya, bisa jadi terlalu terang ato malah terlalu gelap.
  6. setelah semuanya OK, biasanya waktu pengerjaan selama 3 minggu - 1 bulan. menurut orang-orang, terkadang pengerjaan di pasar ini bisa molor, tapi ga beda koq dengan jasa vendor yang biasa janjian di mall-mall ber-AC dan menjanjikan tepat waktu tapi ternyata molor juga? intinya, tetap siapkan spare waktu yang cukup lama. untuk jaga-jaga kalo ternyata undangan mundur.
  7. yang terakhir......banyak-banyak berdoa! hehe.....

OK deh girlss...happy hunting yaaaa......

9 comments:

  1. betull aku setuju sekali dg undangan pasar tebet..
    sapa bilang panas, gak juga kok. dan yg penting juga bisa ngeliat sendiri proses nyetak nya, nyampur warna nya *udah liat dg mata kepala sendiri hi3 *
    btw kmrn gw revisi di duta graphia ga mahal2 amat jg..
    huhu sempet nyesel knapa gak dari awal ke pasteb :D

    ReplyDelete
  2. YOI buuu...
    tergoda sama nama besar vendor itu ya???? hihi...
    ternyataaaaaaa.....

    makanya kemaren pas survey ke pasar tebet buat kakaknya si mas, huhuhuhu....jadi miris hati ini.......coba dari dulu di sana aja yahhhh...

    ReplyDelete
  3. Hi Tya! salam kenal ya.. :)
    gw hampir pake vendor kartu undanganmu lho bu.. tapi beberapa kali ditelvon gbisa, jadinya ke pasar tebet deh..
    undanganku lg naik cetak niy, hihihi.. deg-degan nunggu hasilnya..
    sukses ya bu acara weddingnya.. :)

    ReplyDelete
  4. hai anggi...salam kenal juga ya...
    iya aku minta izin nge-link blog kamu ke tulisanku kali ini ya...

    sukses juga buat acaramu nanti, inget bu....BERDOA itu penting lho... :)
    good luck dear....

    ReplyDelete
  5. iyah say....
    hehe....
    curcol!

    gara2nya baca cerita undangan beludru temen gw itu, koq jadi kebawa emosi lagi ya...ckckckck...
    kalo undangan gw gpp lah jelek, lha wong murah...tp temen gw itu bo....
    udah bayar mahal tapi ternyata ancur juga....gwnya yg miris jadinya :(

    ReplyDelete
  6. biasa.. kebanyakan order.. jadinya quality controlnya buruk... mungkin doi punya beberapa vendor percetakan.. kbetulan aja pas yg ngerjain vendor pcetakan yang jelek... hehehe...

    gile ye... udah mahal2 tetep dibikin jelek.. parah itu mah *__*

    untung gue bakal bikin undangannya ndiri n cetak ama temen gue ndiri hahaha..

    ReplyDelete
  7. mbak tya..mo nanya donk...
    emang buat kartu undangannya dimana?
    pasar tebet barat, terus di hikari...
    nah hikarinya sebelah mana ya mbak..
    aku dah cari2 gak ada je..

    *berharap balasan*

    hihi...aku juga banyak 'kemakan' isi blognya mbak tya nih..

    tq berat ya mbak..

    ReplyDelete
  8. aku bikin di hikari bu.
    kl yg di tebet itu kakak iparku.
    hikari ga ada di tebet :) dia kl ga salah rumahnya di setiabudi.

    ReplyDelete