Skip to main content

oleh-oleh dari KPP...part 1

well, seperti yang sudah saya janjikan, sekarang saya mau menulis tentang syarat2 administrasi untuk menikah di gereja Katolik.

oia, tulisan ini untuk teman saya tercinta dari jaman cupu di SMP dulu, yang masih sok2an merahasiakan tanggal nikahnya.
niyh mon tata caranya kalo mo nikah sama cowok Katolik...hehe......


Pasangan Katolik- Katolik
  1. menghadap Pastor paling lambat 3 bulan sebelum hari perkawinan
  2. membawa salinan surat permandian terbaru dan Photo copynya, yaitu paling lama 6 bulan dari tanggal pengeluaran (dapat diminta pada paroki di mana anda dibaptis)
  3. membawa surat dari Ketua Lingkungan yang menerangkan bahwa calon pengantin terlibat dalam kehidupan lingkungannya
  4. membawa fotokopi akte kelahiran / surat lahir
  5. membawa foto kopi KTP
  6. membawa surat keterangan kematian dari RS/RT/ 2 saksi bagi mereka yang pasangannay sudah meninggal
  7. menyerahkan sertifikat KPP
  8. sanggup diumumkan di gereja selama 3 x

Pasangan Katolik - Kristen Protestan
  1. menghadap Pastor paling lambat 3 bulan sebelum hari perkawinan
  2. membawa fotokopi Surat permandian dari gereja protestan
  3. membawa surat keterangan status bebas yang ditandatangani oleh 2 orang saksi bahwa calon pengantin belum pernah menikah (formulir ini dapat diminta di gereja Katolik)
  4. membawa surat keterangan kematian dari RS/RT/ 2 saksi bagi mereka yang pasangannay sudah meninggal
  5. membawa fotokopi akte kelahiran / surat lahir
  6. membawa foto kopi KTP
  7. menyerahkan sertifikat KPP
  8. sanggup diumumkan di gereja selama 3 x

Pasangan Katolik - non Kristen
  1. menghadap Pastor paling lambat 3 bulan sebelum hari perkawinan
  2. membawa surat keterangan status bebas yang ditandatangani oleh 2 orang saksi bahwa calon pengantin belum pernah menikah (formulir ini dapat diminta di gereja Katolik)
  3. membawa fotokopi akte kelahiran / surat lahir
  4. membawa foto kopi KTP
  5. menyerahkan sertifikat KPP
  6. sanggup diumumkan di gereja selama 3 x
  7. membawa fotokopi surat cerai dari suami/istri yang bercerai
  8. membawa surat keterangan kematian dari RS/RT/ 2 saksi bagi mereka yang pasangannay sudah meninggal
  9. surat izin dari komandan bagi anggota ABRI dan POLRI
  10. pas foto berdampingan ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar
  11. mengisi Cautiones, yaitu janji pihak yang beragama katolik di hadapan yang non katolik bahwa akan setia pada iman katolik dan membaptiskan dan mendidik anak2nya dalam Gereja katolik (formulir ada di Gereja Katolik)

lalu, setelah upacara pernikahan di Gereja, akan dilanjutkan dengan pencatatan sipil.
syarat2nya:
  1. Surat Keterangan untuk menikah (N-1) dapat diminta di kelurahan
  2. Surat Keterangan Asal- usul masing-masing calon (N-2)
  3. Surat Keterangan/Peretujuan orang tua masing-masing (N-3)
  4. Surat Keterangan tentang orang tua calon mempelai (N-4)
  5. KTP asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir lurah (1 lembar)
  6. Kartu keluarga asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir lurah
  7. akte kelahiran asli dan fotokopinya
  8. bagi anda yang WNI keturunan dibutuhkan fotokopi K-1 dan SKBRI (surat keterangan ganti nama ayah dan surat keterangan WNI)
  9. pas foto berdampingan 4 x 6 sebanyak 4 lembar
  10. fotokopi surat pernikahan di gereja dan surat baptis

untuk biaya catatan sipil ini, ternyata ada 3 jenis:
  • untuk pribumi: 450rb
  • WNI keturunan: 600rb
  • WNA: 900rb

untuk lebih jelasnya, bagi kalian yang berdomisili di jakarta selatan, dapat menghubungi petugas catatan sipilnya: BAPAK EDDY di 0813 1851 3082.

Comments

  1. thx bgt yah, ty...
    tapi beneran lhooo gw blom dapet tanggalnyaaa
    hahahahaha
    bukan rahasia2an :p

    cuman mengorek info lebih awal...hehehe
    kan mau juga...lancar kyk jalan tol seperti tya n dito...
    :D
    thxxxxxx

    ReplyDelete
  2. hehe...aminnn....moga2 lancar ya monn....
    pokoknya anytime butuh apa2 bilang ajah...asal jangan butuh duit yah....:)

    makanya kapan niyh ketemuan? kita ngobrollll2....mela kan juga udah di jakarta mon...

    ReplyDelete
  3. wah.. lengkap banget info dokumennya. Makasih bnget, tya..
    eh..sorry..salam kenal jga skalian yoo..gw maria

    ReplyDelete
  4. hai maria...
    senang bisa membantu :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Uang Pangkal Sekolah

setelah dihitung2 ulang, ternyata investasi LM saya yang cuma 10 gr/tahun (200rb-an/bln)  harus direvisi nih....
hehehe...

kalo bertahan di angka tersebut, uangnya cuma bisa utk masuk TK,
sementara utk masuk SD setidaknya butuh 20gr/thn (400rb-an/bln)

hoshh...hoshh...

untuk masuk SMP lebih parah lagi...
makin ga kekejar kalo 'cuma' LM ternyata.
apalagi kalo AsPend n TaPend,
makin ga nyampe deh angkanya.
busetttt...

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.
Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..

Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.
Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.
Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).

Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.
Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang. Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).
Lumayan ya!

Dan pas akhirnya sampe sana, Aduhhh senengg deh..

Lokasinya benar2 di tengah hutan, Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2, Ada air terjun mini, Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.

Anak2 heboh deh liat beginian :)))

Asli ya anak…

Perpanjang paspor di BSD

Sejak akhir tahun 2015,
Mastin akhirnya menghampiri warga BSD dalam hal pengurusan paspor
(Oh ada yg ga tau mastin? Coba deh gugling dengan keyword jingle mastin.. Dijamin terngiang2... Ahahahhahaha)


Singkat  kata, per 30 desember 2015 sudah dibuka kantor imigrasi kelas 1 tangerang cabang BSD.
Lokasi di ruko golden boulevard, tepat di sebelah natasha skin care.
Kalo bapak-bapak biasanya sih tau ruko golden boulevard soalnya banyak tempat pijat plus-plus :)))))

Nah berhubung bakal pergi bistrip bulan depan sedangkan paspor habis di bulan mei, jadi tadi saya dan si ayah nyobain perpanjang paspor di ruko yang cuma sepelemparan kolor dari rumah (uhuk pamer




Sayangnya untuk layanan online dan pembuatan e-paspor belum bisa dilakukan di sini, Jadi tadi kami datang pukul 7.30 untuk ambil antrian.
Menurut petugas, dalam satu hari dibatasi 100 nomor antrian, supaya tidak terlalu chaos.
Tadi pagi sih lumayan tertib ya antrian ambil nomornya.
Setelah ambil nomor, kami isi-isi dokumen lalu duduk sa…