3 July 2008

yadayadayada....can i skip this part?

seriously...meskipun saya ini katolik sejak lahir, ternyata pengetahuan saya tentang pernikahan secara katolik SANGATLAH minim. (katolik gadungan)

saya hanya tau kalo menikah di Gereja katolik itu RIBET. hehehe...

  1. calon pengantin harus mengikuti KURSUS PERSIAPAN PERNIKAHAN selama 2-4 hari tergantung kebijakan masing2 Gereja.
  2. untuk mendaftar ikut kursus ini, dibutuhkan pengisian dokumen yang melibatkan tanda tangan dari beberapa pihak, seperti ketua lingkungan, romo paroki, dan disertai cap pengesahan dari sekretariat gereja (bikin males ajah...hehe....)
  3. setelah mengikuti kursus, sertifikat lulus kursus ini akan dilamprikan bersama setumpuk dokmen lain untuk mengikuti PENYELIDIKIN PERNIKAHAN KATOLIK
  4. nama kerennya adalah KANONIK
  5. dan gw bener2 ga ada bayangan apakah KANONIK ini
  6. gw cuma tau bahwa kita harus menyerahkan setumpuk dokumen yang ditandatangani banyak pihak sebagai bukti pada gereja bahwa kami ini memang niat menikah (so naive....)
  7. ternyata KANONIK ga sesimpel itu!!!!!
  8. *panik mode on*

bocoran dari salah seorang temen yang baru saja menjalani kanoniknya di gereja, ternyata yang namanya kanonik itu merupakan pertemuan internal dengan pastor yang akan memberkati pernikahan kita! (which i dont even know what that means )

saat itulah, si pastor akan mengajukan beberapa pertanyaan (plus beberapa nasihat) kepada kita.
oia, nanti kita akan ditanyai sendiri2, lalu baru dilanjutkan pertanyaan untuk berdua....

saya juga belum jelas bangeds seperti apa pertanyaannya, karena teman saya ini juga menjalani kanoniknya penuh dengan cekakak cekikik ga jelas mode on. hehehe....

garis besarnya siyh, si pastor ingin mengetahui kesiapan kita dalam menjalani pernikahan katolik yang SEKALI SEUMUR HIDUP.

MONOGAMI

ANTARA SATU PRIA DAN SATU WANITA

APA YANG SUDAH DIPERSATUKAN TUHAN, TIDAK DAPAT DICERAIKAN MANUSIA


-------

well, kalo yang itu siyh gw ga ada masalah.
rasanya gw bisa menjawab pertanyaan2 itu nanti.
nilai pelajaran agama katolik gw lumayan menggembirakan koq.
hehe.....

tapi ada beberapa pertanyaan yang rasanya akan sangat jengah untuk saya jawab:

  • sudah berapa kali pacaran sebelum memutuskan menikah? (eerrrr....pacaran dari TK diitung juga ga ya?)
  • kenapa memutuskan menikah sama pasanganmu yang sekarang? (sudah jelas bukan? dia itu ganteng -hihi- , baik hati, sayang sama saya,bla..bla...bla..... -saya kuat ngoceh selama 3 jam untuk menceritakan alasan saya menikah dgn mas dit!- hehehe,,,,)
  • sudah pernah melakukan hubungan sex? (hahahahahahahaha.......)
  • tahukah anda bahwa hubungan intim hanya antara satu pria dan satu wanita? (eerrrr.... 3sum brarti ga termasuk yah?)
  • bagaimana nanti anda menghadapi permasalahan dengan keluarga besar anda, apabila suatu saat ada masalah? (mmm....kl yang itu pikirin nanti aja deh...:p)
  • dan beberapa pertanyaan lain yang menurut saya agak aneh harus saya jabarkan di depan pemuka agama saya sendiri.

can i skip this part?




1 comment:

  1. nah lo.. ternyata begini toh yg namanya penyelidikan kanonik.. hehe..

    aku masih deg2 an ni.. wiken besok baru mo KPP..

    sumpah deh. umur dah nyerempet kepala tiga, tp deg2an masih kayak anak skolah mo ujian.. hehe..

    doain smua lancar ya Tya..

    thanks for sharing...

    -.Wulan

    ReplyDelete