26 July 2008

cara menghitung porsi catering

masih dari ajang JWF 2008.

malam itu kami mampir ke salah satu stand catering. tujuan utama siyh pengen nanya2 gimana cara ngitung porsi makanan, eyy malah ditawarin testfood..haha...ga nolak lah....
eyy....ternyata enyaaakkk lohhh.....cuman yang ga enak adalah HARGANYA! hehe....

OK, balik ke masalah porsi catering.
si marketing catering ini sangat bersemangat sekali menjelaskan tentang penghitungan ini. sampe ditulis2 di kertas segala. tapi memang OK juga siyh!
nah, menurut si marketing ini, cara menghitungnya seperti ini:

apabila jumlah undangan 600, maka asumsi tamu yang datang sekitar 1200 orang.
maka :
  • porsi buffet: 70% x 1200 orang = 840 porsi
  • porsi stalls: 30 % x 4 x 1200 = 1440 porsi (harus dikali 4 dengan asumsi satu orang mampu mengambil 4 jenis makanan stalls)
tapi menurut mbak ini, jumlah di atas adalah jumlah MINIMUM.
sebaiknya jumlah ini mengalami beberapa modifikasi tergantung dari keadaan si pengantin itu sendiri.
masih menurut si mbak marketing yang baik hati ituh, ada beberapa hal yang mempengaruhi penambahan porsi makanan:
  • tamu yang diundang: apakah teman atau keluarga. kalo teman, biasanya hanya datang berdua bersama pasangannya, sementara kalau keluarga, woo...mereka bisa dateng beramai2. kl sebagian besar tamunya berupa keluarga, maka si pengantin harus menambah porsi makanannya.
  • tipe tamunya: orang lapangan atau eksekutif. kalo yang ini udah jelas yah. kalo temen2 kita banyakan orang lapangan, maka porsi juga harus ditambah.
  • banyak atau tidaknya pesta di hari itu. apabila hari itu termasuk hari favorit untuk menikah, maka bisa dipastikan tamu2nya terpecah ke tempat2 lain sehingga ketika sampe di tempat kita sudah terlalu kenyang...hehe....
  • jumlah tamu yang diundang via SMS, TELEPON, atau E-MAIL. nah...yang ini harus dikomunikasikan juga ke pihak catering. persiapkan porsi lebih apabila banyak tamu yg diundang lewat sarana2 di atas.
  • penyebaran tamu kita. apakah banyak yang di luar kota atau banyak yang satu kota dengan kita. apabila lbih banyak yang satu kota dengan kita, maka kita harus dengan penambahan porsi.

intinya siyh, kita harus komunikasi-kan hal2 di atas sama catering. biasanya mereka bisa memperkirakan porsi yang sebaiknya kita ambil.

ingat...lebih baik makanan berlebih (dan bisa dibawa pulang...hihi...) daripada makanan habis di acara kita nanti....

3 comments:

  1. setuju..setuju..setujuu..
    daan ga lupa dipelajari berapa besar porsi makanan catering tersebut. Jadi bisa perkiraan lebih detail lagi buu.. ;)

    ReplyDelete
  2. iyah buuu...trus mesti ditanyain juga, catering yang kita pake itu ngitungnya PORSI atau PIRING. karena kedua hal ini bedaaaa bangedssss...
    tapi kalo kamu mah tenang say...GANDRUNG selama ini kan profesional bangeds, belum pernah denger tuh komplain ttg gandrung.....sip dah! hehe....
    apalagi roast beef-nya....nyaaammmmm....
    maaauuuuuu....:)

    ReplyDelete
  3. Sis klo di itung per porsi bkn perpiring, artinya piringnya di cuci dulu abis tuh dipake lagi gitu selama resepsi?

    ReplyDelete