29 May 2008

tips pernikahan hemat

ga usah bersedih, honey!!! budget terbatas bukan berarti ga bisa tampil ok kan? (hihi..menghibur diri sendiri). banyak koq cara yang bisa dilakukan agar pernikahan tetap berkesan meskipun bukan dengan dana yang gila-gilaan.

1. tekankan dulu pada diri sendiri dan pasangan, bahwa ini bukan yang utama dari tujuan kalian. yang terpenting adalah kehidupan setelah pesta pernikahan. ga lucu kan setelah pesta besar2an trus ga bisa membiayai hidup berdua?

2. setelah memiliki kesamaan visi, mulailah merancang anggaran dana pernikahan. yang akan menghabiskan dana banyak adalah catering. karenanya kita harus pinter2 memilah. urusan catering ini berhubungan dengan jumlah undangan. misalnya kita akan menyebar 500 undangan, maka kita harus menyiapkan porsi catering untuk 1000 orang + +. biasanya porsi ini terdiri dari 800 porsi buffe utama (nasi, nasi goreng, menu ayam, menu daging, menu ikan, sayur, salad, krupuk, puding, buah, sotfdrink, air putih), dan 10 food stalls @ 200 porsi. sebaiknya menyiapkan makanan cadangan, karena makanan ini adalah kesan pertama yang akan diliat tamu.

3. supaya menekan pengeluaran, ga ada salahnya memakai sistem paket. sebagai contoh, apabila kita sudah sreg dengan catering yang akan kita pakai, kita bisa memakai rekanan catering tersebut untuk menangani dekorasi, make up, dan dokumentasi. cara ini akan JAUHHHH mengurangi pengeluaran dibandingkan bila memilih satu persatu. tapi sekali lagi hal ini tergantung pada ketersediaan dana. apabila memungkinkan untuk memilih vendor tertentu, ya ngga papa juga sih.....:)

4. untuk membeli seragam panitia, seragam keluarga, dan bahan untuk baju pengantin (akad or pemberkatan), sebaiknya dilakukan di bulan2 ini (maret-juni) karena berdasarkan survey, biasanya toko2 kain menurunkan harga di bulan2 ini, kalo menjelang puasa apalagi lebaran...huuu...jangan harap deh!!!!! bujubuneng dah mahalnya!! :)

5. bahan baju pengantin biasanya menggunakan bahan perancis (skitar 700rb/meter). tapi kl dirasa terlalu mahal, tak masalah beralih ke brokat. ada juga brokat yang halus koq. harganya mulai 125rb-175rb/meter. meskipun brokat, asal penjahit kita pintar memasang payet, hasilnya ga kalah mewah dengan bahan perancis :)
untuk seragam keluarga dan pengantin, brokat jepang seharga 24rb/meter sudah layak koq. bahannya ga kaku dan motifnya OK. untuk alternatif toko bahan:
1. SILK mayestik (hihi....favorit niyh...)
2. Toko kain di depannya SILK (ga tau namanya apa)
3. De Moda, komplek D'Best fatmawati (kata temen2 di WK, murah2 bangeds!)


6. souvenir bisa dipilih2 di pasar mester, pasar pagi mangga dua, atau PGC. untuk suvenir ini dapat diliat pada posting2 saya sebelumnya. :)

7. undangan bisa dipesan di pasar tebet. ato ada saran bagus dari forum WK juga niy :) :
ada sebuah toko kertas bernama HARAPAN di dekat fly over kbayoran lama. undangan soft cover mulai 1000rp, hardcover mulai 2500rp. ongkos bikin master 15rb dan ongkos cetak rp200-10.000. jadi kita bisa bawa model sendiri. secara total, untuk undangan hardcover jadi lengkap sekitar rp3000 udah bagus. (harus dicoba nihhh!!!;P)

8. intinya sih...nikmati masa-masa persiapan ini. harus banyak survey dan tanya sana-sini. jangan berkecil hati karena ga bisa memakai vendor terkenal! yang terpenting adalah tujuan pernikahan kita.

OK darling???

2 comments:

  1. Ternyata, ASTAGA.com nyolong darimu mbak. Piye TOKH !

    ReplyDelete
  2. Bagus banget c tips nya.
    Makasi
    Tapi..
    Sayang!
    Itu semua di jakarta ya?
    Gk kejangkau banget!
    Klo misalnya disby ada gk ya yng nulis tips kayak gini?
    Mungkin kak tya punya teman atau rekomendasi teman dari sby yang sebaik kak tya,mau membagi2 kan tipsnya?
    :')
    Tjanks a lot.
    GBU

    ReplyDelete