28 April 2008

wedding preparation part 5

Okeh , setelah foto pre-wedding outdoor, langkah selanjutnya adalah belanja barang seserahan !! hehe…ini bagian yang paling mengasyikkan!!! Gw tinggal tunjuk barang yang gw suka lalu si mas membayarnya!!!! Senangnya……:p

Nah, untuk seserahan ini, kalo kata orang jawa, jumlah kotaknya harus ganjil, dan isinya mencakup kebutuhan calon mempelai perempuan mulai dari ujung rambut sampe ujung kaki, plus beberapa jenis buah-buahan dan kue-kue basah. Oke secara singkat, barang seserahan biasanya terdiri dari:

- peralatan make up

buat alat make up ini, sebaiknya yang memang dipake sama si perempuan, jangan maksain beli yang bermerek padahal ga cocok di kulit. Gw misalnya, bedak muka gw adalah bedak bayi marcks itu loh, tau kan yang kemasannya warna kuning-putih? Aduh…ga keren banged deh pokoknya! Tapi mau gimana lagi? Kulit gw cocoknya Cuma sama bedak itu, maksain pake bedak bermerek aneh2, yang two-way cake ato apalah namanya, malah bikin jerawatan! Jadi gw tetep pilih bedak itu buat seserahan. Si Mas juga sempet complain, gw disuruh pilih yang agak berbau wanita dewasa gitu, seperti Revlon ato Maybelline, tapi gw bersikeras akan hal ini!!! Hehe… . trus beli juga alat-alat make up yang memang kita butuhkan dan akan sering kita pake. Ga usah aneh2, kalo memang pada dasarnya kita jarang ber make up, ya ga usah beli peralatan yg ajaib. Kalo gw pribadi, untuk alat make up gw pilih bedak marcks, lipstick Revlon no.130, Mascara Revlon, n pelembap olay. Hah?!!! Sedikit banged? YUP!!! Gw bukan make up mania!!! Gw ga bisa pake eye liner, pasti yang ada mencong-mencong ga keru-keruan, jadi gw ga perlu minta itu, trus pensil alis juga ga dipake, blush on n eye shadow cuma buat kondangan aja. Jadi sepertinya barang2 itu ga terlalu urgent untuk dibeli. Wat else ya? Oia ketinggalan, di kotak make up gw nanti juga termasuk produk perawatan wajah seperti sabun muka n krim malam, tapi kalo untuk yang 2 itu gw pake produk dokter, jadi ga bermerek.

- Peralatan mandi

Peralatan mandi ini mencakup shampoo, sabun, pasta gigi, lulur mandi (kalo memang pake), body lotion, spons mandi, dan peralatan lain yang menyertainya. Oia terkadang parfum bisa dimasukkan di bagian ini. Ato bagian make up? Ya terserah lah… J

- Kebaya dan kain batik

Kalo bagian ini, gw pilih bahan kebaya yang memang nanti dipake pas pemberkatan di gereja, jadi kebaya lace putih gitu.

- Handuk dan baju mandi

- Tas dan sepatu pesta

- Seprai dan peralatan tidur

- Pakaian dalam

Hehe…paling seru pas belanja bagian ini. Malu banged sama mbak-mbak SPGnya secara koq beli baju dalem sama cowo? Hehe…tapi ya sutralah… udah gitu bingung banged, mau yang kaya apa. Kalo yang biasa dipake sih pastinya yang biasa aja, tapi untuk yang satu ini kayaknya pengen yang agak ‘menyenangkan’ suami dey!!! Hehe…jadilah hunting pakaian dalam berenda itu…hihi… udah gitu masku yang satu itu jahil sekali!!!!! Dia maunya gw pilih yang lingerie-lingerie gitu!!!! Ihhh……MALUUUUUUU!!!!!! J

- satu sisir pisang warna kuning yang ujung2nya di kasih "kuku" dari kertas emas

- 2 atau 3 jenis makanan, bisa berupa cakes ataupun kue2 lainnya

- Perhiasan

Kalo yang ini terserah dey mau berapa gram, tapi disesuaikan juga yah dengan kemampuan si cowo J


trus nanti dari pihak ceweknya, biasanya mengembalikan seserahan itu dengan beberapa jenis makanan yang juga dikemas rapi buat di kasih ke pihak cowok saat mereka pamit pulang. bisa 4 - 6 macam. Misalnya menu hidangan utama 3 macam, 2 macam cakes, trus sisanya bisa 1 atau 2 jenis kue2 basah gitu...

nah, setelah udah beres barangnya, kita juga mesti nyiapin wadah buat naruh barang-barang itu. Kalo gw pilih box aja, karena lebih simple.

Adajuga yang pengen barang-barang seserahannya dibentuk2 gitu. Misalnya kain batiknya dibikin bentuk boneka, ato handuknya jadi bentuk kura-kura. Ih kalo menurut gw sih ribet!! Hehe…. Jadi gw cari box seserahan aja lah biar sesuai sama jiwa si calon pengantin perempuan yang ga suka ribet-ribet :P.

nah, di sinilah perjuangannya. Karena kalo barang-barang tadi kan bisa dibeli di department store yang nyaman dan berAC, sedangkan kalo box seserahan adanya ya Cuma di pasar-pasar tradisional.

Ada sih vendor yang namanya HOUSE OF SESERAHAN, dia nyediain box seserahan gitu, tapi sistemnya sewa, jadi habis acara langsung dikembalikan. Bisa juga beli, tapi harganya ga manusiawi! J untuk box seserahan isi 4, mereka mematok harga mulai dari 300rb sampe 500rb. Kalo sewa sekitar 175rb. Bagus-bagus (banged) sih boxnya, tapi koq sayang ya?

Akhirnya kita berdua memutuskan untuk hunting aja yang lebih ekonomis tapi teteup OK! So hari sabtu kemaren, kita ke mangga2!! YUP!! ITC n pasar pagi mangga 2! Jauh siy, makanya kita ga naik mobil or motor, tapi pilih naik transjakarta saja! Ga capek n bisa ngobrol sepanjang jalan. J di sana memang banyak banged pilihan buat box seserahan, sekaligus buat souvenir nikah (buat yang ini diceritain di part 6 ya!). harganya bisa ditawar, jadi kita mesti ‘tega’ juga biar dapet harga seOK mungkin J. Untuk box rotan yang ga pk tutup, harga sekitar 50-60 rb (isi 4), kalo yang ada tutup n hiasan bunga sekitar 100-150rb). Itu belum ditawar lwoh, jadi masih mungkin harganya turun. Tapi entah kenapa, pas di sana kita ga mood banged buat beli, mungkin karena pwenuh banged kali ya? Jadi cuma liat-liat aja… oia ga ketinggalan cari NASI CAMPUR, mumpung di daerah pecinan! :P

Trus, setelah dari mangga 2, rencananya kita mau ke pasar mester jatinegara, karena katanya di
sana pusatnya belanja pernak-pernik pernikahan. Tapi booowww….rasanya ga sanggup masuk pasar deyyy, udah capekkkkkk….hehe…..

Pelajaran moral #2: JAGA STAMINA ANDA AGAR KUAT MENJELAJAHI PELOSOK JAKARTA DEMI MENCARI BARANG IDAMAN!

Akhirnya gw pilih hunting di PGC ajah, PUSAT GROSIR CILILITAN!! Yup. Meskipun judulnya pusat grosir, tapi setidaknya di sana pake AC jadi ga sumpek2 amat! Hehe….sombong!!!!!! tapi sayangnya, di PGC ga gitu banyak toko yang menjual pernaik-pernik nikah, Cuma ada sekitar 4 ato 5 toko n harganya ternyata lebih mahal dari mangga2. Saat udah mau menyerah (udah jam 8 malem bow, setelah muter2 dari jam 11 siang!!!), tiba-tiba kita tersesat ke suatu pojok yang ternyata menjual pernak-pernik nikahan!!! Hehe…secara kita ga pernah ke PGC jadi ga tau pintu keluarnya. Ya udah karena udah dihadapkan sama toko pernak-pernik, akhirnya kita nanya2 aja sama mbaknya. Tadinya ga niat2 banged, tapi koq mbaknya ramah banged. Namanya mbak yosi. Dan entah kenapa, meskipun tokonya lagi rame (lagi ada 2 pasang calon pengantin jg yg lgi nanya2), tapi kaki gw ga mau beranjak dari toko itu. Dengan sabar gw liat2 souvenir,box seserahan, bunga buat seragam panitia, n printilan lainnya sambil terus2an nanya harganya. Untungnya mbak yosi n asistennya sabar juga mau ngejawab, dan setiap dia nyebutin harga, ternyata harganya lebih murah dibanding tempat lain bahkan lebih murah dari mangga 2!!!!!!

Ya udah singkat cerita akhirnya kami malah langsung DP buat souvenir!!! YUP!!! Yang tadinya Cuma mau beli box seserahan, eh malah langsung dapet souvenir buat di gedung!! Nah, karena kita udah pesen souvenir di sini, sekalian aja kita beli box seserahan yang ternyata ‘Cuma’ seharga 50rb rupiah saja. Itu udah isi 4 lwoh, trus pake tutup, dihias kain off-white n bunga2 gitu!!!! Lumayan banged kan?? Boxnya itu sama kaya di mangga 2 yang seharga 120rb!!!! Bagus koq boxnya. Nanti deh di postingan berikutnya dikasih fotonya biar bisa diliat. Wuihh…ga sia-sia juga perjalanan hari itu karena berhasil menyelesaikan beberapa misi sekaligus!!!! Senangnya…..

4 comments:

  1. mana niy poto2nya..?? belum di aplot.. pengen liattt...!! hehehe

    ReplyDelete
  2. hehe...sabar bu...bulan depan pasti di aplot koqqq...

    ReplyDelete
  3. nama tokonya apa ya mba?inget ngak alamt tokonya?

    ReplyDelete
  4. Kezia Souvenir, PGC (mbak yossi: 021 702 04851)

    ReplyDelete