13 July 2015

Jakarta tour de museum

5

Semakin besar anak-anak,
Semakin ringkes deh kalo diajak jalan-jalan.

No more diapers, no more milk bottle, no more ergo baby..
Jadi akuh bisa melenggang manis dengan tas cantik :)


Kayak hari minggu kemarin,
Pagi2 kita sudah sampai di museum nasional (dulunya museum gajah).
Dari rumah uti di jatipadang (iya ini ngungsi karena si teteh mudik) cukup naik transjakarta ke halte museum nasional ini.


Asli murmer bener deh,
Trus karena hari minggu kali ya,
Jadi busnya ga penuh.
Pas banget dapet bus baru jadi nyaman, acnya dingin.

Sampai museum, karena masih jam 9 pagi, baru buka, belum ada yg datang lagi, jadi rada spooky hihi..

Anak-anak juga rada takut karena banyak arca2 besar2..
Not to mention rapha dan mikha yang 'bisa liat' jadi sibuk teriak2 ada obake ada obake (hantu) di sana sini... Zzzzzz...

Untungnya museum ini punya kids corner di basementnya,
Dan untungnya lagi kids cornernya buka,
Karena kalau lagi banyak rombongan,
Mbak2 penjaga kida cornernya akan ditarik untuk nemenin rombongan jadi kids cornernya tutup.

Kids corner ini super menyenangkan deh!
Banyak permainan tradisional yang pernah jaya di masanya (masa sebelum ipad),
Ada puppet play juga, trus anak-anak bisa melukis tembikar, membatik, mewarnai dan berfoto dengan baku daerah.







Bahkan si tembikar bisa dibawa pulang loh!
For free!


Asli suka ga ngerti deh, apa ga rugi ya secara masuk museumnya cuma bayar 5rb!

Anyway, mungkin dengan cara menulis di blog ini, makin banyak teman2 yang liburan ke museum, jadi kas museum bisa surplus ya :)


Nah puas main-main di kids corner museum nasional, rencananya kami naik bus city tour, yang berhenti di halte depan museum,
Tapi sudah nunggu 30 menit kok busnya ga datang2, akhirnya memutuskan naik transjakarta lagi ke kota.


Tujuannya adalah museum BI yg lokasinya tepat di seberang terminal transjakarta kota.

Museum BI ini juga bagusss bangettt..
Kita bisa lihat sejarah perekonomian indonesia,
Bisa lihat jenis2 mata uang juga,
Tapi sayang anak2 ga membiarkan ayah-ibunya santai baca2 info di tiap bagian museum.. Zzz..
Next time harus ke sini lagi lah kalo anak2 udah agak gedean sedikit :)







Oia buat foto2 juga instagramable deh haha..

Tiket masuknya juga cuma 5rb rupiah.

Puass deh jalan-jalan ke museumnya.
Sayangnya badan sudah jompo jadi cuma sanggup ke 2 museum :)))


Ternyata jakarta sudah banyak kemajuan ya? Hihi..


Yuk info2 dong ada museum apa lagi yang bagus di jakarta ini? 

Bandung weekend getaway

2

Jalan-jalan ke bandung ini sebetulnya agak di luar rencana.
Awalnya mau ambil momen bulan puasa jadi kampung sampireun pasti diskon 50% tuh,
Tapi dipikir2 kasian juga anak-anak takut basi di sana secara ga banyak aktivitas utk anak.
Ya namapun tempat hanimun yes :)))

Akhirnya coba iseng2 browsing hotel di bandung, dan lumayan dapet harga 472K IDR all in include breakfat di grand serela setiabudi.

Nah karena di sini penggemar KAGUM hotels (simply karena breakfastnya enka dan komplit hahaha), jadi langsung deh ya booking via pegipegi. (soalnya ga punya credit card, jadi pilih pegipegi yang bisa transfer bank)

10 June 2015

Rahasia langsing wanita jepang

13

Buat yang pernah ke jepang pasti tau ya betapa mungil2nya perempuan di sana,
Jarangggg banget liat ibu2 gemuk gelambiran kayak di sini (ngaca)
Haha..

Ya selain mungkin karena faktor genetik, hasil pengamatan selama di sana mungkin bisa saya rangkum dalam poin-poin di bawah ini:


1. Banyak gerak

Di sana itu ga ada ojek atau angkot.
Punya mobil ga semurah di sini (parkir, tax, etc), jadi hampir sebagian besar warga jepang mengandalkan bus atau kereta untuk mobilisasi.

Nah untuk mencapai stasiun atau halte bus, rata2 mereka harus berjalan kaki, yang terkadang mencapai 15-20 menit loh.

(Iya sih pedestriannya enak banget buat jalan kaki meski bawa anak 3 ekor sekalipun).

Atau pilihan lainnya adalah bersepeda.

Liat ibu2 bonceng anak 2 di sepeda bukan hal aneh di sana..




2. No maid

Ini juga hal penting deh kalo mau kurus :)))

Asli ya ngurus anak dan rumah dan suami ga pake helper itu bener2 menguras energi.


3. Less gorengan

Menu makanan harian di jepang itu rata2 rebusan, kukusan atau panggangan. 

Ada sih gorengan tempura2 gitu tapi mereka benar2 membatasi jumlah gorengan yg masuk ke tubuh.
Dalam sehari biasanya mereka cuma makan 1x menu gorengan.

Ga kayak di sini deh pagi ngemil bakwan, siang abis lunch masih ngemil tahu n pisang, malam mau tidur masih ngunyah tempe mendoan :))))


4. No palm oil

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya,
Di sana ga akan nemu deh yang namanya minyak sawit. Di supermarket cuma ada corn oil atau canola oil.


5. Green tea 

Ini juga faktor penting yg saya amati.
Di sana mereka bisa minum green tea sampai 5 gelas/hari.
Green tea serbuk ya, bukan yg tambah gula atau susu.
Pure green tea.

Nah green tea ini tinggi kandungan cathechin, antioxidan yang membantu mempercepat metabolisme, jadi kalori dari makanan akan lebih cepat dibakar,
Terutama yang di bagian perut.


Kalo saya pribadi somehow setelah rutin minum green tea, aktivitas ke toilet jadi makin lancar.


6. Less sugar and salt

Di sana kayaknya ga ngetren ya mayo diet, abisnya makanannya udah tawar sih :)))

Pokoknya begitu pulang ke sini taste buds saya langsung berubah, setiap makanan di sini jadi berasa keasinan dan kemanisan.

Kasian si teteh yg tiap makan masakan saya pasti harus nambahin garam :)))



7. Raw foods

Ya sudah jelas ya.. Ikan baru dipotong aja langsung dimakan.
Karena raw food ini akan lebih mudah dicerna sama enzim2 pencernaan kita, jadi proses metabolisme bisa lebih cepat.

Jadi hail to aeon mall bsd yang telah memperbaiki gizi kami masyarakat pinggiran jakarta dengan cara menjual raw sushi dengan harga yang manusiawi!



Oke, selamat mencoba ya!

8 June 2015

Manajemen bento

14

Postingan ini untuk menjawab pertanyaan teman2 soal per bentoan ya.
Semoga bisa sedikit mencerahkan.

Latar belakangnya dulu ya,
Jadi semenjak pulang ke indonesia, perut kami semua jadi super sensitif.
Salah makan sedikit, langsung mencri2 ga karuan.
Seringnya sih kalo abis makan masakan di luar.

Yang paling parah si ayah sih,
Bener2 ga bisa makan yang pedes2 atau yang bumbunya tajam.

Oleh karena itu, setiap pagi saya bela2in bawain bekal untuk makan siang dan snack sorenya.





Ribet?
Ya sedikit,
Tapi masih mending dibanding harus liatin orang mencri bolak balik ke toilet heuheu...

nah, utk ngebento ini apa aja sih yang harus disiapkan?

Selain tempat makan yg simpel dan langsing, ada beberapa peralatan yang wajib dipunya:



Cetakan nasi, nori puncher dan paper cup lucu utk tempat sayur atau buah. Ini semua bisa dibeli di daiso.

Sisanya ya bisa beli kalau ada lebihan :)



Saya sendiri ga langsung beli segini banyak, nyicil belinya di daiso atau aeon atau book off (toko seken)

Untuk nasinya, saya mengandalkan beras si pulen, beras mutiara medium grain.
Menurut saya ini yang paling mendekati tekstur beras jepang.

Untuk isiannya, biasanya terdiri dari 2 lauk, sayur dan serat (jelly),
Sedangkan snack sore biasanya saya bawakan sandwich.

Hari minggu malam as always, saya dedikasikan untuk membuat menu seminggu, jadi di pagi hari si teteh tinggal mengeksekusi menu yg sdh tertulis.



Untuk belanjanya, saya anggarkan 100K IDR utk belanja di tukang sayur komplek.
Uang segini biasanya dapat: 

-tempe 1 blok
- brokoli 2 bonggol
- sawi 2 bonggol
- pakcoy 1 bonggol
- telur puyuh 10 butir
- bihun jagung
- pisang sunpride 10 buah
- kerupuk 2 bungkus
- cabe merah 1 bungkus
- bayam 1 ikat
- kangkung 1 ikat
- sayur asem 1 bungkus
- bumbu dapur 
- bakso SB isi 20

Lumayan cukup utk menu seminggu,

Sedangkan utk daging2an, saya anggarkan 400-500rb.
Oia utk belanja daging dan ayam ini saya hobi sekali ke superindo, menurut saya lebih segar dibandingkan Supermarket C atau G.

Oia budget segitu saya bisa dapat 3 jenis buah2an (biasanya apel, anggur, dan jeruk),
Ayam utuh 1, dada fillet 1, daging cincang 100gr, daging tumis 100gr, udang, nugget, sosis, telur 1 kg, susu UHT 4 L, spaghetti, bumbu2, mie instan, roti tawar, pita bread dan cemilan anak2.

Intinya cukup utk makan 3 orang dewasa dan 2 anak selama 1 minggu.

Lumayan hemat kan ya dibanding jajan2 di luar..

Nah untung manajemen waktunya, biasanya saya bangun jam 5.30 pagi, supervise si teteh masak, atau utk beberapa menu saya masak sendiri.

Jam 6 mulai nyiap2in kotak bento dan menu sarapan anak2.

Jam 6.30 nemenin anak2 sarapan,
Jam 7 mandi dan dandan,
Jam 7.30 berangkat ke kantor.

Puji Tuhan kantornya deket bgd jadi masih ada waktu utk siap2in beginian.

Tapi ada lho temen masuk dapur jam 4 pagi supaya jam 6 bs berangkat.
Keren ya!

Intinya sih niat dulu aja kali ya :)
Dan kalo udah dimanage dengan baik,
Niscaya semuanya bisa berjalan dengan lancar.


Oke selamat ngebento ya!

5 June 2015

Karena sehat berawal dari rumah

2

Waktu di jepang dulu, sempet heran banget deh karena di supermarketnya ga ada minyak sawit, jadi mau ga mau terpaksa beli minyak canola karena yang murah itu (haha..),
kalo di jepang 1 liternya sekitar 45rb IDR.

1 liter minyak kanola ini bisa dipakai untuk masak 2 minggu.
Untuk goreng-menggoreng, minyak kanola ini biasanya saya pakai 2-3x.


Dan ternyata setelah hampir 2 tahun pake minyak canola, terasa deh perbedaannya.

Yang jelas sebagai penderita radang tenggorokan akut, menderita banget  kalo salah makan gorengan langsung serak, padahal suara kan 'jualan' utama ya ��
Nah tapi pake minyak kanola ini, Puji Tuhan kalo buat goreng2an masih enak di tenggorokan.

Untuk ke badan juga rasanya ga terlalu 'berat'.

25 May 2015

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

7

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.

Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..


Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.

Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.

Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).


Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.

Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang.
Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).

Lumayan ya!


Dan pas akhirnya sampe sana,
Aduhhh senengg deh..


Lokasinya benar2 di tengah hutan,
Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2,
Ada air terjun mini,
Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.


Anak2 heboh deh liat beginian :)))


Asli ya anak umur 4,5 dan 2,5 sudah menyenangkan banget diajak pergi2.

Sudah bisa makan macem2, sudah ga perlu bawa2 popok dan yang terpenting sudah bisa ikutan komen macem2 ��

Utk caravannya sendiri,
Jujur awalnya saya takut.
Secara ya ini caravan hotel kan udah lama banget ya jadi takut horor.
Tapi ternyata engga kok.

Gelap sih, tapi syahdu, banyak lampu kecil2.

Untuk bagian dalam caravan, perabotnya jadul sih, tapi bersih.


Kamar mandinya mini, tapi selama ada air panas jadi anak2 ga masalah.

Utk tmp tidur ada 2 jenis: bunk bed dan double bed, jd kalo mau ajak embak bisa tidur di bunk bed.


Dapet kompliment 4 botol joytea dan 4 botol aqua, di luar coffee dan tea yg memang standar hotel.

Yang menarik lagi adalah adanya ayunan dan prosotan di depan caravan nomor 10-12.




Sepele sih, tapi kalo udah punya anak, ngerasain deh kalo mainan begini penting ada di tempat menginap :).

Untuk minusnya mungkin soal breakfastnya kali ya.

Variasinya ga banyak dan jam 8.30 sudah banyak yang habis tanpa ditambah lagi.

Di buffet cuma ada nasi goreng dan kwetiaw goreng (plus risol bihun dan kerupuk).
Untuk stall ada soto mie, bubur kacang hijau, buah, roti dan egg stall.

That's it.

Masih lebih banyak variasi di royal safari hotel.


Tapiii.. Di restoran caravan ini kita bisa foto sama chelsea, jadi buat anak2 itu sudah menyenangkan :)))



Serius ya, kalo travelling sama anak itu terkadang valuenya beda.
Yang menurut kita biasa aja, tapi selama anak2 hepi, kita jadi ikut seneng :)))

Overall kita suka banget nginep di sini, karena memang tempatnya diperuntukkan untuk keluarga yang membawa anak (plus honeymooners mungkin karena tempatnya sepi.. Dan dingin! Heuheu)


Oia karena ini di tengah hutan, jadi siap2 aja kalo ada serangga masuk haha..
Kemarin kita nemu jangkrik di toilet.
Tapi ga masalah karena jadi bisa ngajarin animal biology 101 ke anak2 :)


Kalo ditanya apakah akan balik lagi?
Tentu saja!

Tapi next time pengen nyobain bungalownya supaya bisa ajak eyang2nya juga.


Thank you TSI caravan hotel for the super fun weekend getaway!

20 May 2015

Ikea tidak selalu mahal

3

Saya ini penggemar ikea garis keras.
Setiap ke negara yang ada ikea nya pasti dibela2in mampir meski cuma beli printilan penting ga penting :)

Waktu di jepang juga dibela2in bebelian barang yg bisa dibawa pulang, yang harganya selisih jauh sama di sini, semacam berbagai macam motif bed cover set :)))

Sampe sini, seneng banget deh ikea udah buka di sini,
Terlepas dari masih banyaknya orang yang ga bisa baca aturan di restorannya, saya cukup bahagia dengan adanya ikea dekat rumah.

Dan kalau dipikir2, untuk beberapa jenis barang, cukup worth it kok untuk dimiliki.
Dilihat dari kualitas dan harganya, dan apabila dibandingkan dengan toko2 lain.

Okelah untuk furniture yang besar2 memang agak mahal, tapi kalo yang printilan sih masih masuk akal kok harga rupiahnya.

Berikut beberapa contoh barang yang ga terlalu mahal untuk dibeli dan sudah dibandingkan harganya dengan beberapa toko furniture lain, siapa tau bisa jadi ide untuk teman2 yang lagi isi rumah :)



Untuk rangkanya ini tipe mulig (149rb) dan tempat bajunya tipe skubb (129rb).
Kalo ditotal less than 300rb, sekarang nyari lemari pakaian di giant aja ga ada deh harga segitu.
Tapiii dengan syarat rumahnya ga di pinggir jalan yang banyak debu ya :)



Untuk karpet main ini dulu belinya di ikea funabashi, masuk kapal laut, sebulan sampe sini :)))

Tapi untuk yg punya anak cowok, worth it banget beli ini.
Anaknya bisa anteng main mobilan di sini jadi kita bisa nonton dengan tenang :)))))



Untuk bed covernya, saya suka karena bahannya halus dan cocok utk negara tropis (baca: ga panas). 
Ini juga beli di ikea funabashi, agak kaget pas liat di ikea sini agak jauh selisih harganya.


Selai itu untuk peralatan makan anak2, udah dari jaman mpasi rapha pakenya ikea.

Awetttt, gampang dipegang anak dan meski digigitin kayak apa juga, tetep bagus bentukannya :))
*dan harganya manusiawi sekali*


Tenda ini juga beli di sana,
Jadi favoritnya anak2 juga..
Tapi kayaknya belun masuk ikea sini ya?


Suka suka lah sama ikea :)


Untuk yang rumahnya super mungil kayak rumah saya, belanja ke sini super worth it!

12 May 2015

Taman wisata matahari

4

Hari minggu kemarin, keluarga besar dari pihak papa mengadakan piknik ke taman matahari.

Jadi ceritanya tiap bulan kan kami ada arisan dan uang kas dan tabungan, nah uang kas inilah yang dipake untuk jalan2 ke puncak.

Seru juga yah jalan rame2 begini,
Dan berhubung total rombongan ada 30an orang, jadi kami sewa bus.
Enak deh ga pake capek nyetir ����



Berangkat dr jatipadang jam 6.30, lalu jam 7.30 sudah tiba di sana.

Setelah beres urusan tiket (20 rb/orang) dan sewa gazebo (75rb/gazebo), kami langsung tiup lilin utk yg berulangtahun dan foto2 keluarga.


Ih giling ya keluarga besar mbah kakung sudah beranak pinak segini banyak ����


Untuk tempatnya sendiri, menurut saya cukup menarik untuk anak kecil.
Banyak wahana yg bisa dinaiki/dimainkan.
Biayanya pun tak mahal.

Untuk naik bus wara wiri misalnya, cukup membayar 10rb/org.
Atau kuda tunggang 25rb/kuda.

Ada juga wahana water park (tapi kami ga masuk krn penuh), arung jeram, water ball dan wahana playground utk anak macam di mall (biaya bervariasi mulai dr 10rb-40rb)



Untuk wahana yg gratisan juga banyak seperti menara pandang, perahu karet, kayak, dan sepeda wisata.. Cuma ya namanya juga gratisan jadi ya penuhnya ampun2an :)))



Saran saya sih kl datengnya pagi, langsung cari wahana gratisan ini supaya antrian ga terlalu panjang.

Oia di sana juga banyak badut2an kostum jd rapha seneng banget minta foto bareng macam di disneyland ������


Utk makan siang juga banyak restoran tapi mending bawa sendiri sik trus makan di gazebo, lebih bersih kayaknya ��

Kebersihan kayaknya masalah utama di sini deh..
Orang sembarangan aja buang sampah jadi ga indah liatnya..


Tapi untuk sekedar jalan2 sama anak2 sih seru kok!
Ga bahaya juga untuk kantong :)

Pulangnya bisa mampir cimory utk jajan2 cantik dan ga terlalu jauh dr pintu tol ciawi jd ga terlalu lelah dengan macet.


Another weekend well spent!